35.1 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober 2022
BerandaDesaKenormalan Baru Jadi Tantangan Bagi Desa, Ini yang Harus...

Kenormalan Baru Jadi Tantangan Bagi Desa, Ini yang Harus Disiapkan

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – New Normal atau kenormalan baru juga akan dihadapi oleh desa–desa diseluruh Indonesia ditengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Kenormalan baru akan menjadi tantangan bagi desa, sehingga dibutuhkan kesiapan masyarakat dan pemerintahan desa.

    Dalam menghadapi kenormalan baru ini, pegiat desa yang juga menjabat sebagai Board of Director Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro), Rohidin Sudarno memberikan beberapa masukan.

    Pertama, secara umum, lanjut Rohidin, desa–desa harus menyeimbangkan antara peningkatan produksi dan efisensi untuk konsumsi tingkat desa. karena itu Pemerintah Desa (Pemdes) harus mengubah dokumen perencanaan seperti dokumen RKPDes dan APBDes Perubahan untuk memprioritaskan belanja dan alokasi sumber daya yang lebih efisien dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan yang mendesak dan prioritas.

    Kedua, Rohidin melanjutkan penjelasannya kepada desapedia.id pada hari ini (11/6), desa– desa menggiatkan sumber–sumber dan potensi ekonomi desa dan supradesa yang terbukti “tahan” pada situasi pandemi seperti sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan.

    “Yang ketiga menurut saya adalah mendorong kerjasama dengan desa lain dan supradesa sebagai satu kesatuan ekonomi kawasan perdesaan yang saling bantu dan dukung. Minimal untuk ketahanan pangan, jaring pengaman sosial dan sumber ekonomi produktif”, ungkap Rohidin.

    Rohidin menambahkan, selebihnya tentu saja menggiatkan kerja mandiri dan swasembada seperti pemanfaatan lahan yang terbengkalai untuk pertanian dan perikanan hidroponik rumah tangga. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,431,624
    Kasus Positif
    Updated on 1 October 2022 - 14:46 WIB 14:46 WIB

    Indeks Berita

    Pertama di Indonesia, Pemkab Jembrana Gunakan Data SDGs Desa...

    Jembrana, desapedia.id – Pemerintah Kabupaten Jembrana melakukan terobosan menarik dalam perencanaan pembangunan. Kabupaten ini menjadi wilayah pertama di Indonesia...

    Berita Terkait