Lewati ke konten
Idul Fitri Almalik Pababari Idul Fitri Almalik Pababari

Kenapa Beriklan di Desapedia

Pendahuluan

  • Republik Indonesia pernah mencatat oplah media cetak Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2011. saat itu total oplah surat kabar mencapai 25.245.076 eksemplar dari 1.361 media yang terdiri dari 401 surat kabar harian, 284 mingguan, 411 majalah dan 265 tabloid
  • Setelah 2011 terjadi penurunan terus menurus oplah surat kabar sehingga pada 2017 turun sekitar 30 persen dalam waktu 6 tahun
  • “Kematian” media cetak merupakan konsekuensi logis dari kemajuan tekhnologi yang membuat masyarakat lebih suka mendapat informasi dari perangkat komunikasi seperti telepon pintar (smartphone)
  • Globalisasi dan modernisasi yang melanda dunia saat ini mengukuhkan media online hadir menawarkan sebuah cara mengakses berita dan pengetahuan yang lebih praktis bagi siapapun dan dimanapun
  • Kehadiran UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa telah membuka ruang yang luas untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang diiringi oleh kebutuhan informasi yang cepat dan akurat bagi masyarakat desa
  • Begitupun sebaliknya, berbagai pihak kepentingan lainnya membutuhkan pengetahun dan informasi terkini mengenai perkembangan desa
  • Oleh karena itu, WWW.DESAPEDIA.ID hadir untuk memfasilitasi dan menghubungkan (connecting) desa-desa di seluruh Indonesia dengan berbagai pemangku kepentingan melalui penyediaan pengetahuan dan informasi desa terkini

DESA & KEDUDUKANNYA

DESA adalah desa dan desa adat atau yang disebut nama lain adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Desa dan Kedudukannya

TUJUAN UU DESA (Pasal 4 UU No. 6/2014)

Tujuan UU Desa
Peta Sebaran Desa dan Provinsinya

MAKSUD & TUJUAN

  1. Perkembangan pembangunan dan pemberdayaan desa yang semakin pesat pasca UU nomor 6 tahun 2104 tentang Desa sejatinya didampingi oleh DESAPEDIA.ID sebagai sebuah media massa spesifik dan segmented yang secara khusus memberitakan, mengulas dan menyebarkan informasi tentang pengetahuan dan perkembangan desa kekinian
  2. Kehadiran Desapedia.id sebagai media massa online yang spesifik dapat mendorong kinerja dan peningkatan kapasitas Kepala Desa dan aparatur pemerintahan desa serta menghadirkan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat desa
  3. Sampai saat ini masih sedikit jumlah media massa online yang spesifik memilih segmen desa, sehingga desapedia.id hadir untuk melengkapinya
  4. DESAPEDIA.ID bermaksud memfasilitasi dan menghubungkan (connecting) desa-desa dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya melalui tekhnologi informasi dalam bentuk penyediaan pengetahuan dan informasi desa terkini
  5. DESAPEDIA.ID akan berupaya menjadi rujukan bagi semua pemangku kepentingan (stakeholders) desa sehingga keberadaan desapedia.id juga dapat menjamin keberlanjutan pembangunan dan pemberdayaan di desa

APA ITU DESAPEDIA ?

Desapedia.id adalah media online di Indonesia yang mengambil segmen spesifik di bidang pengetahuan dan informasi tentang desa

BAGAIMANA DESAPEDIA.ID BEKERJA?

  • Berita atau informasi di up-grade per periode (jam, harian, dwimingguan dan bulanan)
  • Menampilkan Kepala Desa, perangkat pemerintahan desa, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh-tokoh masyarakat desa sebagai narasumber terpercaya
  • Sampai saat ini masih sedikit jumlah media massa online yang spesifik memilih segmen desa, sehingga desapedia.id hadir untuk melengkapinya
  • Menampilkan analisis para pakar dari sumber-sumber terpercaya
  • Menampilkan kajian dan pengembangan desa
  • Menampilkan data pendukung dari berbagai lembaga terkait
  • Tampilan eksklusif dan popular

RENCANA PENGEMBANGAN BISNIS DAN PROGRAM

Rencana Pengembangan Bisnis DESAPEDIA.ID

VISI DAN MISI

  • VISI: Desapedia.id turut berperan dalam mendorong keberlanjutan pembangunan dan pemberdayaan desa berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada
  • MISI: Desapedia.id menjadi media terpercaya, independen, referensi dan sumber informasi serta pengetahuan desa – desa di seluruh Indonesia

MOTTO

Sumber Pengetahuan dan Informasi Desa Terkini

LINGKUP LIPUTAN

  1. Pemerintah Desa
  2. Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
  3. Kebijakan desa di Pemerintahan Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota
  4. Kapasitas Aparatur Desa
  5. Pengelolaan Keuangan Desa
  6. Desa wisata
  7. Pemberdayaan masyarakat desa
  8. Pembangunan desa
  9. Jaringan dan kerjasama antar desa
  10. Produk BUM Desa dan BUM Desa Bersama

PORSI LIPUTAN

  • Berita aktual 30 %
  • Analisis 10 %
  • Informasi 30 %
  • Pengetahuan 30 %

SEGMEN PENGUNJUNG

  • Aparatur Pemerintahan Desa 40 %
  • Pengambil Kebijakan desa di pemerintahan pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota 30 %
  • Pemerhati desa 10 %
  • Sektor swasta 20 %

KANAL / RUBRIKASI

Kanal/Rubrikasi DESAPEDIA.ID disederhanakan dengan tujuan memudahkan pembaca mengakses sejumlah berita yang di sajikan. Namun tidak tertutup kemungkinan akan ada perubahan Kanal dan Rubrikasi sesuai perkembangan informasi. Kanal tersebut antara lain

  1. Home: Kanal yang menampilkan berita update terbaru di DESAPEDIA.ID
  2. Desa: kanal yang menampilkan berita dan pengetahuan desa-desa
  3. Daerah: Kanal yang memberitakan informasi dan pengetahuan desa-desa di beberapa daerah Kabupaten/Kota
  4. Nasional: Kanal yang merangkum berita-berita dan pengetahuan desa dari pemerintahan pusat di Jakarta yang berdampak langsung pada perkembangan desa secara nasional
  5. Opini: Merupakan kanal yang menampilkan artikel tokoh ataupun pakar
  6. Aspirasi: Kanal yang menginformasikan berbagai masukan dan aspirasi dari berbagai pihak kepentingan desa
  7. Wisata: Kanal yang menayangkan liputan desa-desa wisata
  8. Indeks Berita: Kanal yang merangkum semua berita dari kanal-kanal yang ada

PENDIRI

  1. Iwan Sulaiman Soelasno (Pemegang Saham, Merangkap CEO dan Pemimpin Redaksi)
  2. Supriyadi (Pemegang Saham)
  3. Arif Subagyo (Pemegang Saham)
  4. Raden Roro Ernawati (Corporate Secretary)

Alamat:

Head Office:

Jl. Puring No.3, RT.10/RW.3, Jatipulo, Kec. Palmerah
Kota Jakarta Barat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
11430.
Nomor Telepon: 021-5602293

Branch Office:

Jl. KH. Agus Salim No.50F Kelurahan Bekasi Jaya,
Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi

Email redaksi:
redaksi[at]desapedia[dot]id

Email iklan:
marketing[at]desapedia[dot]id

Scroll To Top