Lewati ke konten
H. Almalik Pababari
H. Almalik Pababari

BUMDes di Klaten Ini Sukses Bekerjasama dengan Kalangan Industri

BUMDes di Klaten Ini Sukses Bekerjasama dengan Kalangan Industri - Desapedia

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat meninjau BUMDes Kemudo Makmur

Klaten, desapedia.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kemudo Makmur di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah cukup menyita perhatian publik lantaran prestasinya.

BUMDes ini memiliki beberapa unit usaha, antara lain unit pengolahan limbah kering Industri dan Furniture Jati Belanda serta unit Usaha yang baru dirintisnya, yaitu toko kelontong yang diberi nama Kamajaya Mart.

Yang menarik perhatian publik adalah BUMDes Kemudo Makmur ini merupakan salah satu BUMDes yang sukses bekerjasama dengan kalangan industri, yaitu kerjasama pengolahan limbah kering Danone, sebuah model kerjasama yang patut direplikasi BUMDes lainnya.

Atas prestasinya ini, BUMDes Kemudo Makmur mendapat apresiasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar yang melakukan kunjungan kerja ke BUMDes tersebut pada Sabtu (22/5) lalu.

“Ini menarik, saya akan mencoba bertemu dengan Direktur Danone agar kerjasama ini tidak hanya di Prambanan, tapi di daerah lain. Sebelumnya saya sudah berkoordinasi dengan Menteri Perindustrian agar terbangun sinergitas antara BUMDes dengan kalangan Industri:, ujar Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Usaha dan bisnis BUMDEs diberbagai desa akhir–akhir ini memang terus menggeliat seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDes yang salah satu poin penting dalam PP ini adalah BUMDes harus berbadan hukum.

Namun demikian, jangan dilupakan pula bahwa BUMDes sejatinya tetap harus mengusung semangat sosial, gotong royong dan kekeluargaan untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan warga desa sebagaimana diamanatkan oleh UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. (Red)

 

Milton Pakpahan H. Almalik Pababari
Scroll To Top