Desapedia

Desa Wisata Menjadi Tren Baru Sumber Pendapatan Asli Desa, Ini Peluangnya

Ilustrasi Desa Wisata (Ist)

Jakarta, desapedia.id – Antusiasme pengembangan desa wisata kini terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan semakin bertambahnya pula jumlah dana desa yang bersumber dari APBN untuk masing–masing desa.

Antusiasme tersebut ditunjukan oleh peningkatan pengeluaran dana desa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) untuk desa wisata sebesar Rp. 552 miliar. Tak heran, jika kini desa wisata menjadi tren baru sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) dan sumber pendapatan baru warga desa.

Menurut data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), terdapat 7.275 desa wisata yang tersebar di 74.954 desa diseluruh Indonesia. Dengan jumlah tersebut, desa wisata mampu menyerap 363.750 tenaga kerja lokal dan menghasilkan pendapatan Rp. 13 triliun per tahun.

Dengan pendapatan tersebut, desa wisata mampu menyumbang PADes sebesar Rp. 655 miliar per tahun.

Peluang pengembangan desa wisata kedepannya, masih menurut data dari Kemendes PDTT, desa wisata berpotensi dikembangkan sampai 20.000 desa yang memiliki produk unggulan sehingga dapat menyerap 1 juta tenaga kerja lokal.

Dengan jumlah tenaga kerja lokal desa sebanyak itu, diproyeksikan menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 36 triliun per tahun dan peningkatan PADes menjadi Rp. 1,8 triliun per tahun.  (Red)

 

 

 

 

 

 

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.