35.1 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober 2022
BerandaParlemenMasuki Masa Reses, Komite I DPD RI Akan Dengarkan...

Masuki Masa Reses, Komite I DPD RI Akan Dengarkan Aspirasi Soal SDGs Desa

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) resmi memasuki masa reses pada 12 Februari sampai 7 Maret 2021. Masa reses ini sendiri merupakan salah satu kewajiban konstitusional para anggota DPD RI dalam menyerap aspirasi dan permasalahan yang ada didaerah.

    Salah satu permasalahan dan aspirasi yang ingin dihimpun oleh para anggota Komite I DPD RI adalah soal pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

    Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang merupakan program dan rencana aksi global yang disepakati seluruh pemimpin dunia termasuk Indonesia telah dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

    SDGs yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan ini memuat 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030.

    Merujuk pada Perpres nomor 59 tahun 2017 ini, maka pemerintah melalui Kemendes PDTT menyusun SDGs Desa yang memuat 18 tujuan, yaitu ada penambahan 1 tujuan di tujuan 18, yakni kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

    SDGs Desa yang dimaksud tersebut diatas terdapat 18 tujuan pembangunan berkelanjutan, antara lain:

    1. Desa Tanpa kemiskinan
    2. Desa Tanpa Kelaparan
    3. Desa Sehat dan Sejahtera
    4. Pendidikan Desa Berkualitas
    5. Desa Berkesetaraan gender
    6. Desa Layak Air bersih dan Sanitasi
    7. Desa yang Berenergi Bersih dan Terbarukan
    8. Pekerjaan dan Pertumbuhan Ekonomi Desa
    9. Inovasi dan Infrastruktur Desa
    10. Desa Tanpa Kesenjangan
    11. Kawasan Pemukiman Desa Berkelanjutan
    12. Konsumsi dan Produksi Desa yang Sadar Lingkungan
    13. Pengendalian dan Perubahan Iklim oleh Desa
    14. Ekosistem Laut Desa
    15. Ekosistem Daratan Desa
    16. Desa Damai dan Berkeadilan
    17. Kemitraan untuk Pembangunan Desa
    18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

    Melalui masa reses ini, seluruh anggota Komite I DPD RI akan melihat langsung dilapangan sejauh mana pelaksanaan SDGs Desa dengan menghimpun aspirasi dan masukan dari para warga desa dan aparatur perangkat pemerintahan desa.

    Wakil Ketua Komite I DPD RI, Fernando Sinaga saat diwawancara secara online oleh desapedia.id sesaat setelah Sidang Paripurna DPD RI selesai pada Kamis (11/2), mengamini soal rencana tersebut.

    Politisi yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Utara ini mengatakan, dirinya akan bertemu langsung dengan warga desa beserta aparatur pemerintahan desa untuk mendengarkan aspirasi dan masukannya terkait pelaksanaan SDGs Desa di Kaltara.

    “Di reses nanti saya malah berencana akan menginisiasi pembentukan Forum SDGs Desa di Kabupaten Malinau bersama–sama dengan rekan–rekan masyarakat, kepala desa beserta perangkatnya dan Pemkab. Forum ini penting ya untuk menjadi forum komunikasi dan saling koreksi jika ada permasalahan dalam pelaksanaan SDGs Desa, sehingga kami bisa dengan cepat juga menyampaikan ke Menteri Desa sebagai mitra Komite I DPD RI ”, ujar Fernando. (Red)

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,431,624
    Kasus Positif
    Updated on 1 October 2022 - 15:46 WIB 15:46 WIB

    Indeks Berita

    Pasca Kenaikan Harga BBM, Pemerintah Diminta Perbaharui Definisi Kemiskinan

    Jakarta, desapedia.id – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meminta Pemerintah melalui lembaga terkait untuk...

    Berita Terkait