32 C
Jakarta
Minggu, 3 Juli 2022
BerandaParlemenJokowi Sebut Kerugian Negara Karena Ego Sektoral, Waka Komite...

Jokowi Sebut Kerugian Negara Karena Ego Sektoral, Waka Komite I DPD RI Minta Parlemen Jangan Diam

Rekomendasi

Lainnya

    Wakatobi, desapedia.id – Dalam pembukaan Gugus Tugar Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 pada Kamis (9/6/2022) lalu di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Presiden Joko Widodo mengatakan tidak dapat menoleransi kerugian negara dan masyarakat yang disebabkan oleh ego sektoral lembaga.

    Saat itu Jokowi meminta semua pejabat di pusat dan daerah, seluruh kementerian dan lembaga pusat dan daerah untuk saling terbuka dan bersinergi pada tataran pelaksanaan.

    Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang hadir saat pembukaan GTRA Summit 2022, Fernando Sinaga memberikan tanggapannya.

    Menurut anggota DPD RI yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Utara ini, pernyataan Presiden Jokowi menunjukan bahwa ego sektoral sebagai persoalan klasik yang tak kunjung selesai itu masih terjadi di kementerian, lembaga dan antara pusat dengan daerah.

    “Pernyataan Presiden Jokowi itu mengkonfirmasi bahwa lambannya proses reforma agraria selama ini ternyata disebabkan oleh ego sektoral antar kementerian atau lembaga dan antar pemerintah pusat dengan daerah. Ego sektoral itu terjadi pada tataran pelaksanaan,” ungkap anggota Badan Sosialisasi MPR RI ini.

    Fernando menyarankan agar parlemen yaitu DPR dan DPD RI segera merespon pernyataan keluh kesah Presiden Jokowi ini agar tidak lagi terjadi ego sektoral dalam tataran pelaksanaan reforma agraria.

    “Saya melihat parlemen lah yang bisa menyelesaikan kacau balau ego sektoral dalam pelaksanaan reforma agraria ini. DPR bisa segera fasilitasi kementerian dan lembaga yang tumpang tindih dan masih kuat ego sektoralnya. Sedangkan kami di DPD RI harus mencari solusi bersama dengan daerah soal dimana tersumbatnya koordinasi antar pemerintah pusat dan daerah, apakah di GTRA atau instansi lain, ” ujar Fernando. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,092,303
    Kasus Positif
    Updated on 3 July 2022 - 16:01 WIB 16:01 WIB

    Indeks Berita

    Komite I DPD RI Ungkap Sejumlah Masalah dalam Pembagian...

    Jakarta, desapedia.id – Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Selatan...

    Berita Terkait