28.4 C
Jakarta
Minggu, 3 Juli 2022
BerandaNasionalSDGs Desa Berkontribusi 84 Persen Terhadap Pencapaian Tujuan Pembangunan...

SDGs Desa Berkontribusi 84 Persen Terhadap Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar memberikan Kuliah Umum secara daring di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Kamis (19/5).

    Kuliah Umum yang digelar dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional ini mengusung tema “Pembangunan Desa Berkelanjutan dan Kebangkitan Transmigrasi Modern untuk Kemajuan Bangsa”.

    Dalam paparannya, Gus Halim sapaan akrabnya, menjelaskan tentang kontribusi percepatan SDGs Desa terhadap pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

    “Aksi SDGs Desa berkontribusi sebesar 84 persen terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan”, ujar Abdul Halim.

    Gus Halim mengatakan, kontribusi yang sangat besar itu dapat dilihat dari dua aspek. Pertama, aspek kewilayahan. Merujuk pada data Kemendagri yang dirilis tahun 2019 lalu, 91 persen wilayah Indonesia adalah wilayah desa. kemudian, 11 Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan itu berkaitan erat dengan kewilayahan desa.

    Bukan hanya itu saja, Gus Halim melanjutkan, aksi menuju tercapainya 12 SDGs Desa, yaitu terkait Tujuan SDGs Desa nomor 7 sampai 18 berkontribusi 91 persen pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, sebagaimana tertera pada Tujuan SDGs nomor 7 sampai 17.

    Aspek Kedua, yaitu aspek kewargaan. Menurut Gus Halim, merujuk pada Data Kemendagri pada tahun 2022, ada 71 persen penduduk Indonesia tinggal di desa.

    “Ada 6  Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan berkaitan erat dengan warga desa. Aksi menuju tercapainya 6 Tujuan SDGs Des ini berkontribusi 71 persen pada pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, yaitu pada Tujuan nomor 1 sampai 6”, ungkapnya.

    Sebagaimana diketahui, SDGs Desa merupakan upaya Kemendes PDTT untuk mengindonesiakan Sustainable Development Goals dan melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pengindonesiaan SDGs Desa ini benar–benar diletakkan pada konteks budaya lokal 74.961 desa di Indonesia.

    SDGs Desa memiliki 18 tujuan dan 222 indiktor sasaran yang disesuaikan dengan kondisi lokal desa. SDGs Desa melingkupi aspek kewargaan desa, aspek kewilayahan desa dan aspek kelembagaan desa. (Red)

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,093,917
    Kasus Positif
    Updated on 3 July 2022 - 21:08 WIB 21:08 WIB

    Indeks Berita

    Pastikan Ketersediaan Pangan, PDI Perjuangan Ingin Sistem Logistik Desa...

    Jakarta, desapedia.id – Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan yang digelar di Jakarta resmi ditutup pada Kamis (23/6) ini oleh...

    Berita Terkait