Lewati ke konten
H. Almalik Pababari
H. Almalik Pababari

Taman Rahayu Bersiap Laksanakan Pendataan Data Desa Berbasis SDGs

Bekasi, desapedia.id – Desa Taman Rahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi melakukan persiapan dalam pendataan data desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Persiapan yang dilakukan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada kelompok kerja (pokja) relawan pendataan desa yang nantinya akan turun langsung ke masyarakat.

Sekretaris Desa Taman Rahayu, H Suryadi Effendi, mengatakan, pokja relawan pendataan berbasis SDGs Desa di Desa Taman Rahayu sebanyak 37 orang yang terdiri dari aparatur pemerintah desa, karang taruna, RT dan RW, mahasiswa, serta Tim Penggerak PKK.

“Saat ini kami melakukan persiapan dan pembekalan teknis SDGs Desa. Targetnya awal April sudah mulai berjalan, dan bisa rampung dalam sebulan,”  kata Suryadi usai kegiatan pembekalan teknis SDGs Desa di Aula Kantor Desa Taman Rahayu, Sabtu (27/3/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, penduduk Desa Taman Rahayu mencapai sekitar 13.000 jiwa yang kurang lebih terdiri dari 5.000 kepala keluarga. “Dengan SDGs Desa ini kami memiliki data yang diharapkan dapat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat yang salah satunya dapat mengurangi angka kemiskinan,” pungkasnya.

Taman Rahayu Bersiap Laksanakan Pendataan Data Desa Berbasis SDGs - Desapedia

Sementara itu, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Setu, Nurjan Arif mengatakan, Kecamatan Setu yang terdiri dari sebelas desa masih dalam tahapan sosialisasi pembentukan pokja relawan pendataan desa.

“Dua desa, yaitu Taman Rahayu dan Cikarageman sudah siap untuk melaksanakan pendataan SDGs Desa, walaupun untuk pokjanya di seluruh desa di Kecamatan Setu belum dapat SK (surat keputusan),” ujarnya. “Dengan SDGs Desa maka desa memiliki profil desa berbasis lapangan yang lebih akurat,” imbuh Arif. (Nur Pulo)

Milton Pakpahan H. Almalik Pababari
Scroll To Top