Sebelas Desa di Setu Wacanakan Bangun Kampung Literasi

Sebelas Desa di Setu Wacanakan Bangun Kampung Literasi - Desapedia

Bekasi, desapedia. id – Sebelas desa yang ada di wilayah Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi rencananya akan membangun kampung literasi.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Camat Setu, Muhammad Ali Amran, usai kegiatan Sosialisasi Forum Kampung Literasi, di Desa Lubangbuaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Selasa (14/6/2022). “Kami ingin desa-desa di Kecamatan Setu bisa membangun kampung literasi, ” harap Amran.

Kampung literasi, tambah Amran, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat dengan enam komponen literasi. Yaitu literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi digital/teknologi informasi dan komunikasi (TIK), literasi keuangan/ finansial, dan literasi budaya dan kewarganegaraan.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan kampung literasi nantinya akan didorong dan dibantu oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi. Selain itu, pembangunan kampung literasi juga bisa dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) ataupun Dana Desa (DD). “Akhir tahun ini bisa masuk di APBDes, dan tahun depan bisa dilaksanakan, ” imbuh Amran.

Sebelas Desa di Setu Wacanakan Bangun Kampung Literasi - Desapedia

Sementara itu, Bang Yosep, sapaan akrab Maulana Yusup selaku Kepala Desa Lubangbuaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi rencana pembangunan kampung literasi. “Kami mendukung dan mengapresiasi,” ucap Bang Yosep.

Dia menambahkan, keberadaan kampung literasi menjadi salah satu langkah nyata dalam memberikan kemudahan layanan informasi dan akses pengetahuan di masyarakat.

“Pembangunan kampung literasi dapat memberikan layanan pengetahuan, informasi dan keterampilan kepada masyarakat, sehingga memiliki kecakapan dan wawasan yang luas serta keterampilan yang memadai,” pungkas Bang Yosep. (Nur Pulo)