32.1 C
Jakarta
Jumat, 20 Mei 2022
BerandaDesaPendamping Desa Membuat Proses Perencanaan Pembangunan Menjadi Partisipatif

Pendamping Desa Membuat Proses Perencanaan Pembangunan Menjadi Partisipatif

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Talkshow Kajian Desa bareng Iwan atau Kades Iwan yang disiarkan secara langsung di TV Desa pada Selasa (2/11) lalu mengusung tema tentang “Pendamping Desa di Mata Perangkat Desa”.

    Dalam talkshow yang dipandu oleh Pendiri desapedia.id, Iwan Sulaiman Soelasno itu, salah satu narasumber, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PP PPDI), Sarjoko memberikan apresiasi atas peran Pendamping Desa selama ini.

    Menurut Sarjoko yang juga Sekretaris Desa di Desa Banjarnegoro, Kabupaten Magelang ini, keberadaan Pendamping Desa sangat membantu Pemerintah Desa terutama di bidang perencanaan pembangunan, pemerintahan dan pemberdayaan desa yang sesuai dengan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

    “Harus diakui banyak perangkat desa termasuk para kaur (kepala urusan) yang masih lemah kapasitas SDM–nya. Sehingga keberadaan Pendamping Desa ini sangatlah kami butuhkan”, ujar Mas Joko, sapaan akrabnya.

    Sarjoko mengakui, Pendamping Desa telah membuat proses perencanaan pembangunan menjadi lebih partisipatif. Hal ini dikarenakan Pendamping Desa benar–benar memastikan pelaksanaan penyusunan perencanaan terselenggara dengan baik dan dihadiri warga desa mulai dari musyawarah dusun (musdus) sampai musyawarah desa (musdes). (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -
     
    Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,051,850
    Kasus Positif
    Updated on 20 May 2022 - 12:16 WIB 12:16 WIB

    Indeks Berita

    Mendes Ingatkan Pentingnya Data Berbasis SDGs Desa Dalam Penentuan...

    Bantul, desapedia.id – Data desa berbasis SDGs Desa dapat dijadikan landasan untuk menentukan arah kebijakan pembangunan desa serta instrumen...

    Berita Terkait