Lewati ke konten
Idul Fitri Almalik Pababari Idul Fitri Almalik Pababari

Kades Karamatwangi Bersama Almisbat Tanam Pohon Kopi Biji Kuning Bantuan Kementerian LHK

Garut, desapedia.id – Kepala Desa Karamatwangi, Rana bersama pegiat perhutanan sosial yang juga Kepala Bidang Pemberdayaan masyarakat dan Jaringan Badan Pengurus Nasional Aliansi Masyarakat untuk Indonesia Hebat (BPN Almisbat), Ch. Ambong dan pengurus Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kopi lainnya menanam Pohon Kopi Biji Kuning pada Rabu (19/4/2023) di areal lokasi Perhutanan Sosial KHDPK LMDH Karamatjaya, Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Pohon kopi biji kuning ini merupakan bantuan dari program Bang Pesona atau Perhutanan Sosial Nusantara yang digagas oleh Direktorat BUPSHA, Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bantuan kepada LMDH Karamatjaya berupa pohon kopi sebanyak 5800 pohon dan bibit pohon alpukat HSS sebanyak 500 pohon.

Dalam siaran persnya, Ch. Ambong menjelaskan LMDH Karamatjaya mendapatkan legalitas berupa izin dan persetujuan Perhutanan Sosial (PS) pada tahun 2021 seluas kurang lebih 165 ha dengan anggota 213 orang.

“Pengembangan usaha komoditas kopi dan wisata alam di Desa Karamatwangi ini menjadi prioritas dalam pemanfaatan dan pengelolaan Perhutanan Sosial. Semoga bantuan pohon kopi dan alpukat ini semakin memberikan motivasi kelompok tani hutan dalam memanfaatkan hutan untuk penghidupan sekaligus menjaga dan merawat hutan demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya”, tegas Ch. Ambong. (Red)

Scroll To Top