33.6 C
Jakarta
Selasa, 27 September 2022
BerandaDesaCegah Penyebaran DBD, Warga Perum GMM di Desa Lubangbuaya...

Cegah Penyebaran DBD, Warga Perum GMM di Desa Lubangbuaya Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Rekomendasi

Lainnya

    Bekasi, desapedia.id – Warga di Perum Graha Mustika Media (GMM), Desa Lubangbuaya, Kecamatan Setu, bergotong royong membersihkan selokan dan melakukan fogging atau pengasapan, Sabtu (22/05/2021).

    Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan membunuh nyamuk dan jentiknya.

    Kepala Desa Lubangbuaya Maulana Yusup atau akrab disapa Bang Yosep mengatakan, masa peralihan dari musim hujan ke cuaca panas memicu munculnya nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak.

    Cegah Penyebaran DBD, Warga Perum GMM di Desa Lubangbuaya Gotong Royong Bersihkan Lingkungan
    Kades Lubangbuaya, Bang Yosep. (Foto: Dok)

    “Karena itu, kami mengajak seluruh warga Desa Lubangbuaya untuk saling menjaga lingkungan dengan cara membersihkan selokan agar tidak terjadi genangan air yang mengakibatkan berkembang biaknya nyamuk demam berdarah,” katanya.

    Selain itu, lanjut Bang Yosep, Pemerintah Desa Lubangbuaya juga dibantu pihak UPT Puskesmas Setu I melakukan fogging di sejumlah titik.

    Cegah Penyebaran DBD, Warga Perum GMM di Desa Lubangbuaya Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

    Hadir dalam kegiatan gotong royong di Perum GMM ini di antaranya Hendro Panca Retno sebagai Ketua RW 14 yang juga selaku Ketua Forum RW Desa Lubangbuaya, Ketua RT 002 Sambodo, dan H Daris selaku perwakilan UPT Puskesmas Setu I.

    Sementara itu, Hendro Panca Retno menyampaikan, “Seluruh warga kami bersama Puskesmas Setu I bersatu padu untuk meningkatkan upaya dalam pencegahan dari berbagai macam penyakit yang ada di lingkungan.”

    Adapun Sambodo menjelaskan warga Perum GMM khususnya RT 02 melakukan kerja bakti membersihkan sampah dan selokan yang ada di sekitar jalan umum dan perumahan warga.

    “Kegiatan ini dilaksanakan guna menindaklanjuti laporan warga yang bahwasanya ada warga RT 02 yang sudah terjangkit DBD. Dengan peran aktif pengurus RW 14 dan RT 02 dan dengan dukungan masyarakat yang peduli akan hidup sehat dan bersih, maka lingkungan akan semakin terjaga dan terpelihara dengan baik,” tuturnya.

    Sambodo juga mengapresiasi peran Pemdes Lubangbuaya dan pihak terkait lainnya yang tidak henti-hentinya dalam mensosialisasikan kepada segenap masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan. (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,423,873
    Kasus Positif
    Updated on 27 September 2022 - 15:20 WIB 15:20 WIB

    Indeks Berita

    Kenang Jasa Para Pahlawan, Pemdes Sukaringin Gelar Lomba Agustusan

    Bekasi, desapedia. id - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI 77 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi masih terasa hingga kini....

    Berita Terkait