24.4 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober 2022
BerandaDesaBermodal Awal dari Dana Desa, BUM Desa Sedulang Jaya...

Bermodal Awal dari Dana Desa, BUM Desa Sedulang Jaya Sukses Kelola 3 Unit Usaha  

Rekomendasi

Lainnya

    Belitung Timur, desapedia.id – Desa Lalang Jaya terletak di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Di desa inin telah berdiri Badan Usaha Milik Desa atau BUM Desa Sedulang Jaya yang berhasil memproduksi lebih dari 3.000 butir telur per hari dan menyuplai sebagian kebutuhan telur ayam di Kabupaten Belitung Timur.

    Kepala Desa Lalang Jaya, Artono, menuturkan, usaha peternakan BUM Desa Sedulang Jaya yang baru dikelola sekitar dua tahun terakhir ini bermodal awal dari dana desa. Tak hanya peternakan, BUM Desa Sedulang Jaya juga memiliki unit usaha di sektor lain, yakni pertokoan dan perkebunan hortikultura seperti sayuran dan cabai.

    “Kami membaca potensi peternakan ayam petelur di Belitung Timur cukup luar biasa. Karena pasokan telur masih kurang. Apalagi Desa Lalang Jaya letaknya di tengah kota (Kecamatan) Manggar, sangat strategis,” tuturnya.

    Pengembangan usaha BUM Desa Sedulang Jaya ini tak hanya berhasil membuka peluang kerja bagi sejumlah warga di desa ini, namun juga berdampak pada peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    Menurut Artono, tak sedikit warga desa setempat yang menjadi reseller telur ayam produksi BUM Desa Sedulang Jaya.

    “Harga telur yang kami jual cukup murah karena memang punya desa. Yang penting ekonomi masyarakat meningkat,” ujarnya.

    Kesuksesan BUM Desa Sedulang Jaya ini diapresiasi oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar dalam kunjungannya minggu lalu (19/11).

    Menurutnya, peternakan ayam petelur BUM Desa Sedulang Jaya ini akan membantu memperkuat ketahanan pangan hewani di Kabupaten Belitung Timur. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,439,292
    Kasus Positif
    Updated on 7 October 2022 - 05:55 WIB 05:55 WIB

    Indeks Berita

    Kenang Jasa Para Pahlawan, Pemdes Sukaringin Gelar Lomba Agustusan

    Bekasi, desapedia. id - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI 77 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi masih terasa hingga kini....

    Berita Terkait