32.8 C
Jakarta
Senin, 26 September 2022
BerandaDesa25 Pasutri Sidang Itsbat Nikah Gratis di Desa Tamansari

25 Pasutri Sidang Itsbat Nikah Gratis di Desa Tamansari

Rekomendasi

Lainnya

    Bekasi, desapedia.id – Sebanyak 25 pasangan suami istri mengikuti program pelayanan sidang itsbat nikah di Kantor Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jum’at (27/11/2020).

    Kegiatan yang dilaksanakan secara gratis ini dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Cikarang Suryadi, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Setu Anas Yazid Fatoni, Kanit Bimas Polsek Setu Iptu Nur Soleh, Camat Setu Joko Dwijatmoko dan jajarannya, serta Kepala Desa Tamansari Jahi Hidayat beserta perangkatnya.

    Joko Dwijatmoko mengatakan, kegiatan ini diperuntukkan bagi warga yang perkawinannya belum sah menurut hukum negara. “Mereka sebelumnya sudah melakukan pernikahan yang sah diakui secara agama, tapi tidak melanjutkan pendaftaran yang diakui secara negara. Jadi, memang belum terdaftar di pemerintah,” terangnya.

    Menurut Joko, kendala dari warga yang sebelumnya tidak mengurus dokumen pernikahan sah dari negara ini, bukan hanya terbatas dari persoalan finansial semata, tapi dimungkinkan juga karena berkas administrasi kependudukannya yang belum lengkap.

    Dia berharap kegiatan ini dapat diikuti desa-desa lainnya di wilayah Kecamatan Setu. “Untuk Setu baru dipelopori oleh Desa Tamansari. Karena itu di berbagai kesempatan, nantinya kami akan menggugah desa-desa lain untuk bisa juga melakukan hal serupa, karena memang kegiatan ini sangat penting untuk warga,” kata Joko.

    Sementara itu, Sekretaris Desa Tamansari Nurhasan mengapresiasi sidang itsbat nikah terpadu yang merupakan program Pengadilan Agama Cikarang tersebut.

    “Sangat apresiasi dengan acara ini karena sangat membantu pemerintah desa dalam mengurus legalitas pernikahan warganya,” ungkap Nurhasan.

    Dia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan kedua kalinya yang dilakukan di Desa Tamansari. “Sebelumnya pada tahap pertama sudah diadakan pada Juli lalu, dan hari ini merupakan tahap kedua, dan rencananya akan diadakan juga untuk tahap ketiganya,” tutup Nurhasan. (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,422,529
    Kasus Positif
    Updated on 26 September 2022 - 16:52 WIB 16:52 WIB

    Indeks Berita

    Kenang Jasa Para Pahlawan, Pemdes Sukaringin Gelar Lomba Agustusan

    Bekasi, desapedia. id - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI 77 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi masih terasa hingga kini....

    Berita Terkait