30.4 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober 2022
BerandaParlemenPolitisi Golkar Ini Usulkan Evaluasi Arah Serapan dan Besaran...

Politisi Golkar Ini Usulkan Evaluasi Arah Serapan dan Besaran Dana Desa

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Pada awal tahun 2022 lalu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar pernah menegaskan Dana desa terbukti telah memperlancar pertumbuhan ekonomi pada level desa.

    Mendes PDTT menilai beberapa indikator ekonomi diantaranya tingkat kemiskinan, pendapatan dan tingkat ketimpangan ekonomi semakin memperkuat fakta tersebut.

    Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) yang juga anggota Komisi II DPR RI, Agung Widyantoro memberikan tanggapannya.

    Menurutnya, niat baik Pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran saat ini telah diwujudkan baik dalam nawacita ataupun realita.

    “Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBN year of year harus kita akui bisa kita rasakan manfaatnya selama ini”, tegas Agung.

    Mantan Bupati Brebes ini kemudian mengusulkan perlu segera dilakukan evaluasi menyeluruh tentang arah serapan dan besaran Dana Desa.

    “Serapan yang saya maksud adalah evaluasi pada kelambatan pencairan Dana Desa, wujud kegiatan, dan regulasi aturan pelaksana yang seringkali lambat diterima oleh Pemerintah Desa. Sedangkan evlauasi besaran menitikberatkan pada jumlah Dana Desa yang selama ini terkendala pandemi”, ungkap Agung.

    Agung menilai, usulan tersebut merupakan upaya untuk mengembalikan arah perencanaan desa sehingga dapat sinergi dengan kebijakan pemerintah pusat, regional dan Kabupaten/kota.

    “Perencanaan pembangunan Desa yang selaras dengan giat tematik akan memiliki daya ungkit ekonomi signifikan bagi masyarakat Desa”, ungkap Agung sebagaimana dikutip oleh desapedia.id dari makalah paparannya pada Senin (10/1) lalu. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,439,292
    Kasus Positif
    Updated on 6 October 2022 - 14:42 WIB 14:42 WIB

    Indeks Berita

    Rencanakan Pemekaran DOB, DPRD Jabar Konsultasi ke DPD RI

    Jakarta, desapedia.id - Komite I DPD RI menerima delegasi DPRD Provinsi Jawa Barat dalam rangka konsultasi terkait rencana pemekaran...

    Berita Terkait