29.3 C
Jakarta
Selasa, 27 September 2022
BerandaNasionalIni Saran Dr. Sutoro Eko untuk DPD RI yang...

Ini Saran Dr. Sutoro Eko untuk DPD RI yang Ingin Usulkan Revisi UU Desa

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Dalam sebuah kesempatan di Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang digelar oleh Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) medio Maret 2021 (16/3) lalu, Ketua Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD “APMD”) Yogyakarta, Dr. Sutoro Eko Yunanto memberikan saran kepada DPD RI yang hendak mengusulkan revisi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

    “Jika Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) hendak mengusulkan revisi UU Desa, maka jalankan dengan berjuang secara politik, bukan dengan nalar teknokratik (misalnya pembangunan), sekaligus membangun struktur–isi hukum yang bisa mengunci–mencegah reduksi distorsi secara teknokratik–birokratik dalam tubuh pemerintah”, tegas Dr. Sutoro Eko Yunanto.

    Sebagaimana diketahui, Komite I DPD RI memang telah mengagendakan revisi UU Desa. Hal ini terlihat dari beberapa kali gelaran Rapat Dengar Pendapat, Rapat Dengar Pendapat Umum dan kunjungan daerah pemilihan yang kesemuanya untuk mendapatkan masukan terkait rencana revisi UU Desa.

    Dr. Sutoro yang juga pernah menjadi Tenaga Ahli pembentukan UU Desa di DPR RI ini mengatakan, alih–alih merevisi UU Desa, sebaiknya koalisi wakil rakyat Senayan bersama–sama dengan Asosiasi Pemerintah Desa mendesak pemerintah agar kembali ke UU Desa, melaksanakan UU Desa secara tegak lurus, seraya menghentikan pendekatan yang memberhalakan proyek.

    “UU Desa ini belum dilaksanakan, kecuali pelaksanaan proyek dana desa dengan diikuti sederet proyek, administrasi, aturan, dan perangkat yang mengatur, mengendalikan, memperlalat, dan menarget desa”, tegas Dr. Sutoro Eko. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,425,849
    Kasus Positif
    Updated on 27 September 2022 - 20:32 WIB 20:32 WIB

    Indeks Berita

    Tolak Kenaikan BBM, Gus Hilmy: Subsidi Tidak Tepat Sasaran,...

    Yogyakarta, desapedia.id – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi DI Yogyakarta,...

    Berita Terkait