32.1 C
Jakarta
Jumat, 20 Mei 2022
BerandaDesaJialyka Anggap Pendamping Desa Memegang Peran Kunci dalam Proses...

Jialyka Anggap Pendamping Desa Memegang Peran Kunci dalam Proses Demokratisasi Desa

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Jialyka Maharani meminta kepada Pendamping Desa diseluruh Indonesia untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan kreativitasnya melakukan pendampingan kepada warga dan Pemerintah Desa.

    Anggota DPD RI yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Sumatera Selatan ini menjelaskan, tugas pokok yang paling penting dari Pendamping Desa adalah meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas Pemerintah Desa serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi warga untuk berperan aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan desa.

    “Pendamping Desa ini ujung tombak Kementerian Desa, maka para pendamping diwajibkan memastikan semua output dan dampak program Kemendes di desa berjalan dengan baik. Maka yang paling penting adalah Pendamping Desa harus terus memperkuat kapasitasnya”, tegas Jialyka.

    Jialyka menambahkan, tantangan Pendamping Desa kedepannya sangat kompleks, mengingat saat ini semakin banyak program–program yang harus dikerjakan oleh desa, baik program yang berasal dari pusat maupun daerah.

    Namun demikian, lanjutnya, aspek terpenting dari semua itu adalah Pendamping Desa memegang peran kunci dalam mendorong demokratisasi di desa.

    “Pendamping Desa harus punya kesadaran untuk memperkuat proses demokratisasi lembaga–lembaga yang ada di desa, mulai dari Pemdes, BUMDes, BPD dan lembaga masyarakat desa”, tegasnya.

    Hal ini diungkapkan oleh Jialyka saat dirinya menjadi salah satu narasumber pada talkshow Kajian Desa bareng Iwan atau Kades Iwan yang disiarkan langsung oleh TV Desa pada Selasa (2/11) lalu. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -
     
    Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,051,850
    Kasus Positif
    Updated on 20 May 2022 - 12:16 WIB 12:16 WIB

    Indeks Berita

    Perlukah Desa Baduy Dalam Dibuatkan Perda Desa Adat? Begini...

    Jakarta, desapedia.id – Pada Rabu (11/05) lalu, desapedia.id mengikuti diskusi antara Guru Besar Universitas Terbuka, Prof. Dr. Hanif Nurcholis...

    Berita Terkait