Lewati ke konten
H. Almalik Pababari
H. Almalik Pababari

Ada Desa di Pati yang Sudah Lockdown, Desa Di Semarang Masih Tunggu Arahan Pemerintah Pusat

Jakarta, desapedia.id – Semakin mewabahnya Covid–19 membuat publik terus saja mendesak pemerintah untuk melakukan lockdown demi untuk memutus rantai sebaran virus tersebut.

Lockdown itu sendiri mengandung makna situasi dimana orang tidak diizinkan masuk atau meninggalkan area tertentu karena sebuah keadaan darurat. Protokol semacam ini biasanya hanya bisa diajukan oleh seseorang dalam posisi otoritas seperti pemimpin negara atau daerah.

Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati Lockdown
Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati Lockdown

Berdasarkan informasi yang diperoleh desapedia.id dari Ketua Umum DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Papdesi), Hj. Wargiyati menyebutkan ada satu desa yang dipimpin oleh Kepala Desa yang juga jajaran pengurus Papdesi yang telah melakukan lockdown di Kabupaten Pati, sedangkan desa–desa di Kabupaten Semarang sudah menyatakan siap jika ada kebijakan lockdown dari pemerintah pusat.

Desa yang sudah lockdown adalah Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

Kepala Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang Yarmuji mengatakan masyarakat sudah siap dilakukan lockdown mengingat Desa Kalongan sudah ditetapkan sebagai zona merah.

“Dari pada berkepanjangan seperti ini, lebih baik di lockdown. Kami tetap menunggu arahan dari Pemerintah Pusat. Insha Allah kami siap”, tegas Yarmuji.  (Red)

Milton Pakpahan H. Almalik Pababari
Scroll To Top