30.4 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei 2022
BerandaDaerahPeringati HMPI 2021, DPW KPLHI Bekasi Raya Tanam Pohon...

Peringati HMPI 2021, DPW KPLHI Bekasi Raya Tanam Pohon di Bantaran Kali Rawa Palangan

Rekomendasi

Lainnya

    Bekasi, desapedia.id – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Bekasi Raya menanam ratusan pohon dalam rangkaian memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2021, di bantaran Kali Rawa Palangan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Minggu (28/11/2021).

    Penanaman pohon tersebut diikuti perwakilan Polsek dan Koramil Cikarang Barat, aparatur Pemerintahan Kecamatan Cikarang Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Ormas Pemuda Pancasila, Forum Betawi Rembug (FBR), Satria Banten, serta masyarakat setempat.

    Peringati HMPI 2021, DPW KPLHI Bekasi Raya Tanam Pohon di Bantaran Kali Rawa Palangan

    “Kami sangat antusias dan semangat untuk lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan sosial terutama untuk membersihkan sungai dan penghijauan. Hal itu sesuai dengan amanat UUD 1945 yang menjelaskan bahwa tanah, air, dan udara dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyatnya. Jadi, tanah jangan kau rusak, air jangan di cemari, udara pun demikian,” kata Ketua DPW KPLHI Bekasi Raya, H Yana Triyana disela-sela kegiatan.

    Dia menjelaskan, kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai yang memanjang dari Kampung Warung Sengon hingga jembatan Rawa Palangan ini menjadi bagian dari upaya pembenahan kembali kebersihan sungai dan penataan bangunan yang ada di sekitarnya.

    “Kita ingin sungai ini kembali bersih dan bisa dinikmati bersama sehingga dapat menjadi contoh bagi wilayah- wilayah lain,” ujarnya.

    Dengan begitu, dia optimis, warga penghuni bantaran sungai dapat hidup bersih dan sehat. Selain itu, dia juga berharap penataan bangunan di bantaran sungai dapat dilakukan lebih manusiawi tanpa harus ada penggusuran. “Mereka sudah lama, bahkan sudah puluhan tahun tinggal di bantaran sungai tersebut,” terangnya.

    Peringati HMPI 2021, DPW KPLHI Bekasi Raya Tanam Pohon di Bantaran Kali Rawa Palangan

    Di samping itu, dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak terkait yang telah mendukung kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih di sepanjang aliran Kali Rawa Palangan. “Kami juga berterima kasih kepada H Wawan Budiawan selaku komisaris PT Mukti Mandiri Lestari yang mana perusahaan ini menjadi sponsor utama kegiatan kami hari ini,” ucap Yana Triyana.

    Sementara itu, Ketua Korcam KPLHI Cikarang Barat Suseno mengatakan, pohon-pohon yang mereka tanam antara lain pohon mahoni, kayu manis, dan sukun. “Selain penanaman pohon, kami sejak tanggal 17 November lalu sudah melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang aliran sungai yang dimulai dari Kampung Warung Sengon hingga jembatan Rawa Palangan,” terangnya.

    Dia memastikan, kegiatan sosial ini akan terus berlanjut hingga tercipta Kali Rawa Palangan yang bersih dan terjaga kelestariannya. “Kami ingin sungai ini kembali bagus dan  rapih seperti dulu lagi,” ungkapnya.

    Untuk itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan beberapa ormas setempat untuk ikut membantu mengawal kebersihan Kali Rawa Palangan. “Kami lebih intens berkoordinasi dengan ormas-ormas setempat untuk sama-sama saling menjaga agar tidak ada lagi orang yang membuang sampah di sungai ini,” tegas Suseno.

    Tak kalah penting, dia juga mengajak warga setempat untuk ikut menjaga kebersihan Kali Rawa Palangan. “Tanpa kesadaran warga hal ini akan sulit dilakukan. Karena itu, kami senantiasa menekankan kepada warga betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Suseno. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -
     
    Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,052,363
    Kasus Positif
    Updated on 21 May 2022 - 19:35 WIB 19:35 WIB

    Indeks Berita

    Begini Komentar Kadis PMD dan Pendamping Desa Soal Kades...

    Malinau, desapedia.id – Kepala Desa Long Titi, Kabupaten Malinau yang berinisial RM terancam dituntut hukuman 5 tahun penjara oleh...

    Berita Terkait