Lewati ke konten
H. Almalik Pababari
H. Almalik Pababari

Koramil 06/Setu Canangkan Desa Tamansari Sebagai Kampung Pancasila

Koramil 06/Setu Canangkan Desa Tamansari Sebagai Kampung Pancasila - Desapedia

Koramil 06/Setu Canangkan Kampung Pancasila di Desa Tamansari. (Dok)

Bekasi, desapedia.id – Kodam Jaya meluncurkan program Jayakarta Benteng Pancasila secara virtual di Makodam Jaya, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021). Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya yang terdapat di wilayah Jakarta Raya termasuk Tangerang, Depok dan Bekasi.

Kegiatan ini juga diikuti Koramil 06/Setu di Aula Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Hadir dalam kegiatan zoom meeting ini diantaranya Danramil 06/Setu Kapten Inf Sudiro, Camat Setu Joko Dwijatmoko, Kanit Sabhara Ipda Pol Gigih, Kepala Desa Tamansari Jahi Hidayat, Ketua Forum BPD Kec Setu Eras Rasidi, Ketua NU Kecamatan Setu Ustadz A. Undang, Pengurus Gereja HKBP Desa Tamansari Pdt. Hendra Siregar, Ketua Karangtaruna Desa Tamansari Syarifudin, Tokoh Adat Jawa Wahyudi, Tokoh Adat Batak Ari Desrianto Sihombing, Pengurus Saka Wira Kartika Renaldi, Babinsa Desa Tamansari Sertu Tatang dan Sertu Imron, serta Babinkamtibmas Desa Tamansari Bripka Derry Ludvi.

Koramil 06/Setu Canangkan Desa Tamansari Sebagai Kampung Pancasila - Desapedia

Danramil 06/Setu Kapten Inf Sudiro mengatakan, sesuai pemaparan Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, salah satu kegiatan Program Jayakarta Benteng Pancasila ini yaitu dengan pencanangan program Kampung Pancasila. Program ini bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk menyosialisasikan dan membumikan nilai-nilai Pancasila hingga ke tingkat kampung.

“Sebagai realisasi dari program ini, kami canangkan Desa Tamansari sebagai Kampung Pancasila,” kata Kapten Inf Sudiro kepada desapedia.id, Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman telah mengerahkan seluruh Babinsa yang berjumlah hampir enam ribu personel untuk menyosialisasikan Pancasila di seluruh wilayah tanggung jawab Kodam Jaya.

“Babinsa dapat berkolaborasi dengan pemerintah desa setempat untuk mengenalkan sila-sila Pancasila secara kreatif dan menyosialisasikan nilai-nilai kebhinekaan di kampung-kampung tempat mereka ditugaskan,” pungkas Kapten Inf Sudiro. (Nur Pulo)

Milton Pakpahan H. Almalik Pababari
Scroll To Top