Desa Kertarahayu Optimis Bakal Wakili Jabar di Lomba Kampung KB Tingkat Nasional

Desa Kertarahayu Optimis Bakal Wakili Jabar di Lomba Kampung KB Tingkat Nasional - Desapedia

Bekasi, desapedia.id – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tunas Bangsa, di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi optimis akan mendapatkan hasil terbaik dalam lomba Apresiasi Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi saat menghadiri kegiatan Rechecking Apresiasi Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, di Taman Lansia, Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jum’at (27/5/2022).

“Saya melihat sendiri kepala desa [Kertarahayu] dan jajarannya, serta ketua dan kader Kampung KB Tunas Bangsa sangat antusias. Kami berharap Kampung KB Tunas Bangsa di Desa Kertarahayu ini dapat terpilih sebagai perwakilan Jabar di tingkat nasional. Dengan begitu, kampung KB di wilayah lain juga akan termotivasi untuk selalu menjadi yang terbaik,” kata Dedy.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Badan Permusyawaratan (BPD) Kertarahayu, Dedi. Menurutnya, Kampung KB Tunas Bangsa memiliki dua keunggulan dari sisi lingkungan dan ekonomi.

“Dari sisi lingkungan, wilayahnya masih asri dan alami. Sedangkan dari sisi ekonomi, kami membangun destinasi wisata yang mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Dedi.

Karena itu, dia optimis Kampung KB Tunas Bangsa bisa menjadi yang terbaik di wilayah Provinsi Jawa Barat. “Saya yakin program kami tidak dimiliki kampung KB lainnya di Jawa Barat. Kami juga merencanakan akan membuat kebun salak modern. Mudah-mudahan bisa terealisasi setelah kegiatan lomba ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Irfan selaku perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum untuk menguatkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program kampung KB.

Lebih lanjut dia menambahkan, pihaknya ingin melihat manfaat langsung Kampung KB Tunas Bangsa untuk masyarakat setempat.

“Untuk penilaian kampung KB Tunas Bangsa, ada beberapa catatan yang bagusnya. Tapi, ada juga yang masih menjadi PR (pekerjaan rumahnya), yaitu terkait pencatatan dan pelaporan. Hal ini menjadi bagian perhatian kita, karena bertujuan agar semua orang bisa tahu kegiatan yang dilaksanakan di kampung KB ini,” ujar Irfan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi mengatakan, pihaknya akan membenahi kekurangan yang menjadi catatan dari tim penilai lomba.

“Dalam penilaian pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kami akan benahi kekurangannya,” tegas Rudi. (Nur Pulo)