Wawancara Eksklusif – Maria Goreti: DPD RI yang Paling Cocok dengan Visi dan Misi Saya dalam Berpolitik

Anggota DPD RI Maria Goreti

Jakarta, Desapedia.id – Setelah lebih dari satu bulan lamanya sejak dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk keempat kalinya, desapedia.id mewawancarai Maria Goreti, S.Sos., M.Si., anggota DPD RI daerah pemilihan Kalimantan Barat periode 2019-2024.

Perbincangan dengan senator legendaris Kalimantan Barat lantaran sudah menjabat anggota DPD RI sejak 2004 ini membahas berbagai isu, dari yang ringan soal keterpilihannya kembali untuk keempat kalinya hingga pemekaran provinsi dan pemindahan ibu kota negara.

Selamat siang, Bu. Terima kasih sudah berkenan menerima kami untuk wawancara dengan Ibu. Oh ya, Bu, Selamat ya terpilih kembali untuk keempat kalinya menjadi anggota DPD mewakili Kalimantan Barat.

Sama-sama, terima kasih juga. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalimantan Barat yang kembali memilih saya untuk mewakili daerah kita ini.

Tidak banyak anggota DPD yang mampu bertahan empat periode. Apa kiat Ibu bisa mencapai itu?

Saya kira tidak ada kiat khusus. Semuanya saya jalani apa adanya. Masyarakat itu kan mengenali rekam jejak kita.

Jadi, prestasi apa yang telah Ibu capai sehingga Ibu mendapatkan rekam jejak yang memuaskan di tengah masyarakat?

Prestasi itu kan relatif ya, karena kami ini bekerja selalu kolektif dan kolegial. Artinya, kami bekerja selalu dalam konteks kelembagaan.

Capaian-capaian tidak dapat dan tidak boleh diklaim sebagai prestasi pribadi. Berbeda dengan eksekutif, misalnya gubernur atau bupati.

Meskipun demikian, dalam kesempatan-kesempatan tertentu, seorang anggota DPD punya kesempatan juga untuk mengunjungi masyarakat dan konstituennya.

Saya memaksimalkan kesempatan itu untuk menjumpai masyarakat, terutama jika ada kelompok-kelompok masyarakat yang mengundang.

Pada kesempatan- kesempatan itu, selain menyerap aspirasi mereka, juga menjalin relasi yang intens.

Saya kira hubungan yang terjalin dari keikhlasan dan hati yang terbuka itulah yang membuat masyarakat tetap memilih saya.