25.8 C
Jakarta
Senin, 26 September 2022
BerandaParlemenIni Pendapat Komite IV DPD RI Soal Dana Desa...

Ini Pendapat Komite IV DPD RI Soal Dana Desa 2022

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) memberikan pandangan dan pendapatnya soal Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 yang akan datang.

    Melalui juru bicaranya yang juga anggota Komite IV DPD RI, Casytha Arriwi Kathmandu menjelaskan soal 4 pendapat dan pandangan DPD RI mengenai pelaksanaan Dana Desa pada tahun 2022 yang akan datang.

    Pertama, Casytha menjelaskan, pengalokasian Dana Desa harus terus ditingkatkan dan direformulasi untuk mencerminkan keadilan, serta mendorong kinerja desa agar lebih baik yang diikuti dengan peningkatan kapasitas aparatur desa agar dapat memanfaatkan dana desa lebih produktif dan akuntabel guna mengurangi kesenjangan tingkat kemiskinan di desa.

    Kedua, Pemerintah perlu melakukan pengawasan terpadu terhadap penggunaan Dana Desa untuk pemulihan ekonomi dan sektor prioritas di desa.

    Ketiga, anggota DPD RI asal daerah pemilihan Provinsi Jawa Tengah ini menambahkan, pentingnya meningkatkan koordinasi antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Aparatur Desa, dan masyarakat agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan kegiatan atau program pemerintah.

    Keempat, diperlukan simplifikasi peraturan pelaksanaan dana desa dalam bentuk juklak maupun juknis, diantaranya adalah peraturan–peraturan yang ada pada Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

    Pendapat dan pandangan Komite IV DPD RI ini disampaikan oleh Casytha di Sidang Paripurna DPD RI pada Jumat (16/7) yang lalu. (Red)

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,422,529
    Kasus Positif
    Updated on 26 September 2022 - 06:01 WIB 06:01 WIB

    Indeks Berita

    Pasca Kenaikan Harga BBM, Pemerintah Diminta Perbaharui Definisi Kemiskinan

    Jakarta, desapedia.id – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meminta Pemerintah melalui lembaga terkait untuk...

    Berita Terkait