30.4 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei 2022
BerandaNasionalDesapedia Teken MoU dengan Apkasi, Menteri Sandiaga Uno Beri...

Desapedia Teken MoU dengan Apkasi, Menteri Sandiaga Uno Beri Ucapan Selamat

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Setelah melalui proses yang panjang diantara kedua belah pihak, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan desapedia.id yang diwakili oleh PT Desapedia Bangun Indonesia sepakat menandatangani perjanjian kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) diantara kedua belah pihak.

    Perjanjian kerjasama antara Apkasi dengan desapedia.id ini terkait program dan kegiatan “Bimbingan Teknis Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Kabupaten Terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang Mengelola Desa Wisata”.

    MoU ini ditandatangani oleh Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang dan CEO desapedia.id, Iwan Sulaiman Soelasno pada 11 April 2022 lalu.

    Terkait penandatangan MoU tersebut, Apkasi dan desapedia.id sebelumnya telah menggelar pertemuan audiensi melalui aplikasi zoom meeting bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno pada bulan lalu (21/3/2022).

    Dalam pertemuan audiensi tersebut, Sandiaga Uno memberikan ucapan selamat kepada Apkasi dan desapedia.id yang akan bekerjasama memperkuat peran pembinaan dan pengawasan Pemerintah Kabupaten terhadap BUMDes yang mengelola desa wisata dengan melibatkan Kemenparekraf.

    “Kemenparekraf terbuka untuk kolaborasi melibatkan stakeholder yang lain. Untuk MoU ini kami ucapkan selamat kepada Apkasi dan desapedia yang akan memberikan dampak positif bagi desa wisata. Perlu champion dan SDM yang kuat dari anak muda maupun senior untuk mengembangkan, BUMDes juga berperan penting untuk usaha yang timbul dan lapangan kerja”, ujar Sandiaga Uno dalam pertemuan audiensi tersebut.

    Menanggapi hal tersebut, Iwan Sulaiman Soelasno mengapresiasi pernyataan Menteri Sandiaga Uno dalam pertemuan audiensi tersebut.

    Menurutnya, keberhasilan tata kelola desa wisata tidak akan terlepas dari peran pembinaan dan pengawasan (binwas) Pemerintah Kabupaten.

    Salah satu pendiri desapedia.id ini menjelaskan, dengan kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Desa saat ini, desa dapat memastikan pelaksanaan pembangunan desa berdasarkan kebutuhan warga desa.

    Salah satu dari kebutuhan warga desa tersebut adalah terkait pengembangan Desa Wisata yang dikelola oleh BUMDes sebagai upaya warga meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan dan berbasiskan pada kolaborasi warga desa, Pemkab, pemerintah desa dan BUMDes.

    “UU Desa sudah mengamanatkan peran binwas Pemkab, termasuk binwas desa wisata yang dikelola oleh BUMDes. Melalui berbagai kegiatan bersama Apkasi dan Kemenparekraf ini, desapedia ingin memperkuat binwas Bupati dan jajarannya di Pemkab dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di desa”, ungkap Iwan.

    Iwan Sulaiman menambahkan, arahan dan masukan Menteri Sandiaga Uno dalam pertemuan audiensi yang lalu tersebut akan menjadi rujukan bagi Apkasi dan desapedia.id untuk menyusun berbagai kegiatan sebagai tindaklanjut dari MoU. (Red)

     

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -
     
    Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,052,363
    Kasus Positif
    Updated on 21 May 2022 - 19:35 WIB 19:35 WIB

    Indeks Berita

    ICW Ungkap Mengapa Anggaran Desa Marak Dikorupsi

    Jakarta, desapedia.id – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Almas Sjafrina mengungkapkan mengapa anggaran desa masih saja marak dikorupsi hingga...

    Berita Terkait