26.7 C
Jakarta
Kamis, 29 September 2022
BerandaDesaMendes Ajak Polri Kawal Dana Desa, KPK Tekankan Pengawasan...

Mendes Ajak Polri Kawal Dana Desa, KPK Tekankan Pengawasan Terbaik Ada di Masyarakat, APH Pilihan Terakhir

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar  bertemu dengan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (25/5) lalu.

    Dalam pertemuan tersebut, Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri meminta Kapolri beserta jajarannya untuk tetap memberikan dukungan dan pengawalan terhadap Kemendes PDTT, utamanya dana desa.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempunyai pandangan lain terkait pengawasan Dana Desa. Dalam talkshow Kajian Desa bareng Iwan (Kades Iwan) yang disiarkan secara langsung oleh TV Desa pada medio Maret (9/3) lalu, Deputy Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan menilai, masyarakat menjadi pengawas terbaik dalam rangka mengawasi pengelolaan Dana Desa agar dapat berjalan optimal.

    Dalam pemberitaan desapedia.id pada 12 Maret 2021 lalu, Pahala menegaskan bahwa transparansi dalam pengelolaan Dana Desa sangat penting.

    “Jika masyarakat ingin mengawasi, tapi kepala desa berusaha tidak transparan maka pemerintah harus menyiapkan saluran pengaduan. Kami percaya bukan APH (aparat penegak hukum) yang harus dimajukan, tapi memang masyarakat yang harus diperkuat, dan mekanismenya harus ada transparasi dalam sistemnya,” ujarnya.

    Pahala Nainggolan ketika itu mengatakan, peran Aparatur Penegak Hukum (APH) hendaknya menjadi pilihan terakhir dan untuk penegakan hukumnya harus selektif sehingga tidak membuat trauma bagi masyarakat yang ingin menjadi kepala desa. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,427,764
    Kasus Positif
    Updated on 29 September 2022 - 02:45 WIB 02:45 WIB

    Indeks Berita

    Kenang Jasa Para Pahlawan, Pemdes Sukaringin Gelar Lomba Agustusan

    Bekasi, desapedia. id - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI 77 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi masih terasa hingga kini....

    Berita Terkait