35.1 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober 2022
BerandaDaerahSilaturahmi di Papdesi Provinsi Banten, Pendiri Desapedia Disambut Antusias

Silaturahmi di Papdesi Provinsi Banten, Pendiri Desapedia Disambut Antusias

Rekomendasi

Lainnya

    Serang, desapedia.id – Pendiri sekaligus CEO desapedia.id, Iwan Sulaiman Soelasno melakukan kunjungan ke Serang, Banten pada Kamis (25/8) lalu. Pimpinan desapedia lainnya yang hadir adalah Teddy Indrarto.

    Dalam kunjungan itu, Iwan bertemu dengan sejumlah pimpinan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Banten yang terdiri dari para Kepala Desa senior yang tersebar di berbagai Kabupaten di Banten.

    Di pertemuan silaturahmi itu, rombongan desapedia diterima dengan hangat oleh Ketua DPD Papdesi Provinsi Banten, Ahmad Wahyudin Nasar yang kemudian dilanjutkan dengan dialog dan diskusi bersama membahas sejumlah isu–isu mutakhir dalam pembangunan, pemerintahan dan pemberdayaan desa.

    Iwan mengatakan, salah satu topik penting dalam diskusi tersebut adalah membahas tentang pemanfaatan energi surya untuk menopang berbagai aktivitas warga desa di Banten mulai dari penerangan jalan, fasilitas umum dan fasilitas sosial, kegiatan pemerintahan desa sampai pada kegiatan–kegiatan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

    “berbagai kegiatan pemberdayaan, pembangunan dan pemerintahan desa di Banten ini termasuk pelayanan publik Pemdes sudah saatnya berbasis digital, ramah lingkungan dan menggunakan tekhnologi tenaga surya, ujar Iwan.

    Di kesempatan itu, Ketua DPD Papdesi Provinsi Banten Ahmad Wahyudin Nasar juga menyampaikan dua hal penting, yaitu perlunya dukungan kebijakan dan anggaran dari Pemerintah Provinsi Banten terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan dan pembangunan desa yang berbasis pada digital dan tekhnologi ramah lingkungan yaitu salah satunya tenaga surya.

    Ahmad Wahyudin menambahkan, hal kedua yang juga tak kalah penting yaitu Papdesi Provinsi Banten akan mendorong BUMDes di beberapa desa di Provinsi Banten terlibat secara aktif dalam pengadaan alat pendukung yang dibutuhkan untuk merealisasikan teknologi tenaga surya dan digitalisasi desa.

    “Tujuannya adalah agar konkret terjadi transfer pengetahuan kepada warga desa. Selain itu juga kalau BUMDes yang terlibat aktif maka berdampak pada Peningkatan Asli Desa atau PADes”, tegas Wahyudin.

    Pertemuan silaturahmi Desapedia dengan DPD Papdesi Provinsi Banten ini direncanakan kedua belah pihak akan digelar secara rutin untuk membahas lebih lanjut soal Gerakan Desa Terang di Provinsi Banten. (Red)

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,431,624
    Kasus Positif
    Updated on 1 October 2022 - 13:46 WIB 13:46 WIB

    Indeks Berita

    Resmi Dikukuhkan, DPC BMPSB Setu Komitmen Berikan Manfaat untuk...

    Bekasi, desapedia.id - Jajaran pengurus DPC Barisan Muda Pejuang Singa Bekasi (BMPSB) Kecamatan Setu resmi dikukuhkan. Organisasi masyarakat (ormas)...

    Berita Terkait