Lewati ke konten
Idul Fitri Almalik Pababari Idul Fitri Almalik Pababari

JAGOMUN 2022, Upaya UNEJ MUN CLUB Mengajak Mahasiswa Berpikir Kritis Berbagai Isu Internasional di Simulasi Sidang PBB

Jember, desapedia.id – Diakhir bulan lalu, tepatnya pada tanggal 25 – 27 November 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Jember Model United Nations Club (UNEJ MUN Club) mengadakan acara Jember Annual Global Model United Nations yang disingkat menjadi JAGOMUN 2022.

JAGOMUN 2022 ini merupakan acara terbesar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNEJ MUN Club yang menampilkan berbagai kegiatan berupa simulasi sidang Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) di tingkat internasional.

JAGOMUN 2022 dilaksanakan secara hybrid, yaitu offline dan online. Acara JAGOMUN 2022 kali ini membawakan tema “Sovereigntu and Commitment: Overcoming Post-Pandemic Obstacle and Challenges”.

Dalam keterangan persnya, Ketua Panitia Pelaksana JAGOMUN 2022, Aviana Benita mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk belajar menjadi seorang delegasi representatif suatu negara dan membahas berbagai isu internasional yang sedang hangat, melatih public speaking, berdebat, bernegosiasi, menciptakan opini publik, membuat konsep argumen, menganalisis isu – isu regional dan global, dan berpikir kritis dalam menghadapi dan menanggapi isu yang sedang terjadi.

“Tahun ini JAGOMUN 2022 membawakan 4 council yaitu council UNEP (United Nations Environment Programme) membahas “Diminishing the Use of Plastics in the Medical Industry to Achieve Sustainability” yang diselenggarakan secara online, council EU (European Union) membahas “Achieving Economic Stability among European Countries due to the Russia-Ukraine War” yang diselenggarakan secara online, council UNEP (United Nations Security Council) membahas “Border Territories Dispute: Ensuring International Security in Aksai Chin-Ladakh”, ujar Aviana yang juga mahasiswi FISIP UNEJ jurusan Hubungan Internasional angkatan 2020 ini.

Aviana menambahkan, pembahasan lainnya dalam JAGOMUN 2022 juga mencakup Himalayan Region” yang diselenggarakan secara online, dan council WHO (World Health Organization) membahas “Estabilishing General Framework for Universal Healthcare to Control the Future Pandemic” yang diselenggarakan secara offline di hotel Java lotus, Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Gelaran JAGOMUN 2022 dihadiri oleh banyak perwakilan dari berbagai macam universitas ternama di Indonesia.

Pelaksanaan JAGOMUN 2022 ini juga mendapatkan banyak dukungan dari Rektorat Universitas Negeri Jember yang ditandai dengan kehadiran Rektor Universitas Negeri Jember, Dr. Iwan Taruna, M.Eng. Bukan hanya itu saja, kegiatan JAGOMUN 2022 kali ini cukup sukses lantaran memiliki banyak sponsorship dan partnership. (Red)

 

Scroll To Top