26.9 C
Jakarta
Rabu, 28 September 2022
BerandaDaerahCiptakan Peluang Usaha Baru di Desa, DPMD Kabupaten Malinau...

Ciptakan Peluang Usaha Baru di Desa, DPMD Kabupaten Malinau Gelar Lomba Inovasi TTG

Rekomendasi

Lainnya

    Malinau, desapedia.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemerintah Kabupaten Malinau (DPMD) Provinsi Kalimantan Utara menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) pada Kamis (18/3) lalu di Panggung Prosehat, Malinau.

    Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Malinau, Dr. Topan Amrullah ini, dihadiri oleh para Kepala Desa, Camat dan tentu saja para peserta Lomba Inovasi TTG.

    Sejauh ini, melalui pengembangan TTG di Malinau, beberapa inovasi di Kabupaten Malinau telah menjadikan pengembangan TTG sebagai sebuah usaha baru dalam upaya peningkatan ekonomi desa, diantaranya pembuat mesin perontok padi, pembuat pupuk organik, pembuat kakan ternak. Kesemuanya ini didukung oleh alat yang dihasilkan melalui pengembangan TTG.

    Dalam sambutan pengantarnya, Kepala Dinas PMD Malinau, Padan Impung menjelaskan, alat dan inovasi yang dilombakan pada lomba inovasi TTG kali ini berjumlah 7 alat dan 2 metode pemanfaatan limbah, yakni limbah lilin pembatik dan penangkap lalat buah.

    Dari beberapa alat yang dilombakan, lanjut Padan, telah terjual sesuai pesanan yang akan diproduksi sebanyak 18 unit.

    “Pada kesempatan ini sesuai harapan besar kita bersama pemerintah, BUMD dan BUMN, swasta dan masyarakat bersama-sama mengembangkan pemanfaatan TTG yang dihasilkan oleh inovator di Malinau agar melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh inovator kita menjadi sebuah peluang usaha baru di desa, dimana desa diharapkan memiliki pendapatan asli desa dan menjadi kekuatan ekonomi baru di masa pandemi covid-19”, ujarnya.

    Ciptakan Peluang Usaha Baru di Desa, DPMD Kabupaten Malinau Gelar Lomba Inovasi TTG

    Karena itu, Padan menambahkan, pemenang Lomba inovasi TTG juara pertama, kedua dan ketiga ini akan mendapatkan dana pembinaan agar teknologi yang dikembangkan dapat terjamin keberlanjutannya. Dana pembinaan yang akan diperoleh oleh para pemenang berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk.

    “Menjaga keberlanjutan TTG ini menjadi komitmen Pemkab Malinau dan pihak swasta melalui dana CSR. Keberlanjutan TTG bukan hanya untuk memastikan terciptanya peluang usaha ekonomi desa, tetapi lomba inovasi ini juga dilaksanakan untuk menyeleksi inovasi yang akan mewakili Kabupaten Malinau dalam lomba gelar inovasi TTG tingkat Provinsi Kaltara yang direncanakan pada bulan April”, ungkap Kadis PMD.

    Ciptakan Peluang Usaha Baru di Desa, DPMD Kabupaten Malinau Gelar Lomba Inovasi TTG

    Sebagaimana diketahui, inovasi di Kabupaten Malinau melalui Teknologi Tepat Guna telah menorehkan beberapa prestasi, diantaranya: Juara pertama TTG Inovasi Tingkat Provinsi tahun 2018 dengan inovasi alat pompa air gravitasi tanpa listrik; Juara ketiga TTG Inovasi Tingkat Provinsi tahun 2018 dengan menciptakan alat mesin rumput three in one; Juara Kedua TTG Inovasi Tingkat Nasional tahun 2018, yaitu berinovasi menghasilkan alat pompa air gravitasi tanpa listrik; Juara Kedua TTG Inovasi Tingkat Provinsi tahun 2019 dengan menciptakan alat sepeda pencabut bulu ayam; Juara Ketiga TTG Inovasi Tingkat Provinsi tahun 2019 melalui inovasi alat mesin pencacah jerami. (Red)

     

     

     

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia

    Covid-19

    Indonesia
    6,427,764
    Kasus Positif
    Updated on 28 September 2022 - 22:35 WIB 22:35 WIB

    Indeks Berita

    Resmi Dikukuhkan, DPC BMPSB Setu Komitmen Berikan Manfaat untuk...

    Bekasi, desapedia.id - Jajaran pengurus DPC Barisan Muda Pejuang Singa Bekasi (BMPSB) Kecamatan Setu resmi dikukuhkan. Organisasi masyarakat (ormas)...

    Berita Terkait