28.9 C
Jakarta
Senin, 19 Oktober 2020
Beranda Desa Wamendes Budi Arie: Smart Village adalah Wajah Masa Depan...

Wamendes Budi Arie: Smart Village adalah Wajah Masa Depan Indonesia

Rekomendasi

Lainnya

    Melalui SDGs Desa, Semua Program Pemerintah Akan Tepat Sasaran

    Makassar, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menjelaskan, selama ini banyak...

    Tingkatkan Pelayanan dan Pengembangan Potensi Desa, Digides Beri Layanan Gratis 

    Jakarta, desapedia.id – Digides atau Digital Desa dalam rilisnya yang dikirim ke redaksi desapedia.id pada Selasa (13/10), menjelaskan, desa ...

    Dana Desa Tetap Ada, Tahun 2021 Dianggarkan Rp 72 Triliun  

    Jakarta, desapedia.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjawab keraguan berbagai pihak perihal masa depan...

    Karanganyar, desapedia.id — Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi bersama Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan Moeldoko Kepala KSP meresmikan Desa Kemuning di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sebagai Smart Village, pada Kamis, 1 Oktober 2020.

    Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, adalah salah satu percontohan Smart Village Nusantara yang ditopang PT Telkom selain Desa Pangandaran.

    “Digitalisasi adalah keniscayaan. Tugas kita sekarang adalah bagaimana memastikan digitalisasi mampu memajukan masyarakat desa. Smart Village adalah masa depan Indonesia , ” kata Wamendes Budi Arie dalam Soft Launching Piloting Smart Village Nusantara.

    Dia menjelaskan bahwa masa depan Indonesia ada di 3 sektor, yaitu pertanian, perikanan, dan pariwisata. Ketiga sektor itu ada di desa.

    “Dan ketiganya belum digarap optimal. Potensi yg luar biasa harus di dorong untuk memajukan perekonomian desa sesuai arahan dan perintah Presiden Jokowi ”

    Menurut dia, ciri desa akan maju jika banyak anak muda di desa, sumber daya manusia yang inovatif, serta partisipasi warga desa.

    Budi Arie mengatakan warga desa tidak bisa hanya menjadi penonton proses kemajuan desanya. Tanpa partisipasi masyarakat desa, kemajuan tidak mungkin terwujud.

    Wamendes Budi Arie juga menyatakan Presiden Jokowi sangat serius memajukan desa, termasuk memajukan ekonomi desa dengan digitalisasi. Dia menyatakan kebijakan itu dilakukan karena desa maju, Indonesia maju.

    Smart Village itu mencakup seluruh proses kehidupan di desa mulai dari E Goverment, E Learning, E Healthy, E Comerce dan seluruh kegiatan dan ekosistem digital lainnya.

    “Kemajuan dan kreatifitas Desa Kemuning harus disebarkan ke seluruh Nusantara. Smart Village adalah wajah masa depan desa – desa di Indonesia ,”

    Smart Village Nusantara di Kemuning adalah kerjasama Kementrian Desa PDTT dengan PT Telkom , Kabupaten Karang Anyar dan Pemprov Jawa Tengah.

    Dalam peresmian itu hadir pula Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karang Anyar Robet Kardinal , Komisaris Utama Telkom Renald Kasali, Komisaris Telkom Marsudi, dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara.

    “Terima kasih atas dukungan Telkom dan kepercayaan terhadap Desa Kemuning menjadi Piloting Smart Village Nusantara,” kata Bupati Juliatmono. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    361,867
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Ini 4 Model Desa Digital yang Jadi Skala Prioritas...

    Jakarta, desapedia.id – Program Prioritas Nasional sesuai dengan kewenangan desa adalah yaitu pendataan desa, pemetaan sumberdaya dan pengembangan teknologi...

    Peraturan Pemerintah Tentang BUMDes Turunan UU Cipta Kerja Disiapkan

    Jakarta, desapedia.id – Sebagaimana pada pemberitaan desapedia.id sebelumnya, Kemendes PDTT melalui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa UU...

    Ini Rekomendasi UCLG ASPAC untuk Memperkuat Pelaksanaan SDGs Desa

    Jakarta, desapedia.id – Sekretaris Jenderal United Cities and Local Government wilayah Asia Pasifik (UCLG ASPAC), Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi yang hadir sebagai narasumber pada...

    UU Cipta Kerja Untungkan Masyarakat Desa

    Jakarta, desapedia.id - Pengesahan Rancangan Undang–Undang Cipta Kerja menjadi Undang–Undang telah memiliki banyak catatan. Namun demikian, Pemerintah tetap memandang pemberlakukan UU Cipta Kerja ini...

    Kemensos Bantu Anak Penyintas Disabilitas Ganda di Desa Lubangbuaya

    Bekasi, desapedia.id - Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial menyerahkan bantuan kepada Zayyan Faiq Ubaidillah (5), seorang penyintas disabilitas ganda yang disebabkan rubella...

    Berita Terkait