Beranda Nasional Wamen Budi Arie Gelorakan Kepemimpinan Perempuan dalam Pembangunan Desa

Wamen Budi Arie Gelorakan Kepemimpinan Perempuan dalam Pembangunan Desa

Rekomendasi

Lainnya

    SOKSI Luncurkan Program Nasional Beasiswa 1000 Sarjana

    Jakarta, desapedia.id – Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia setiap orang dan bangsa yang amat penting untuk masa depan...

    Ketum Apdesi kepada Mendagri: Segera Revisi Permendagri Tentang Pilkades dan Tegur Bupati yang Menunda Pilkades Melebihi Batas Ketentuan yang Ada

    Jakarta, desapedia.id – Ketua umum DPP APDESI Dr. H Sindawa Tarang SH MM MH mendesak Menteri Dalam Negeri untuk...

    Publik Jangan Sinis Dulu Mensikapi Kantor Desa Mirip Istana Merdeka

    Jakarta, desapedia.id - Akhir–akhir ini publik digegerkan dengan sebuah bangunan Kantor Desa yang tampak bagian depannya mirip dengan Istana...

    Karawang, desapedia.id – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) , Budi Arie Setiadi melakukan kunjungan kerja ke Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, pada Selasa (27/11).

    Kunjungan kerja Budi Arie ke Desa Bengle untuk melihat situasi dan kondisi desa yang dipimpin oleh kepala desa perempuan yaitu Lia Amelia.

    “Ini kunjungan saya karena saya janji sama Bu Kades waktu acara minggu lalu di Grand Sahid, Jakarta, ketika diskusi tentang SDGs Desa soal isu perempuan atau desa ramah perempuan,” jelasnya.

    “Saya bilang sama Ibu Amel (Kepala Desa Bengle), saya datang. Saya mau lihat desa yang dipimpin oleh kades perempuan itu seperti apa sih,” sambungnya.

    Dalam sambutannya, Ia mengaku senang bisa melakukan kunjungan ke Desa Bengle. Budi Arie mengatakan, pada SDGs Desa terdapat satu poin yang fokus dalam isu-isu perempuan atau kesetaraan gender.

    Ia optimis dengan adanya poin berkesetaraan gender dalam SDGs Desa, dapat menjadikan pembangunan yang bernuansa ramah terhadap perempuan bisa terwujud.

    Budi Arie kemudian mengatakan, kalau memberdayakan perempuan berarti memberdayakan sebuah bangsa. Ia berharap, kepemimpinan perempuan baik sebagai kepala desa, camat, bupati, gubernur bisa membawa perspektif tentang pembangunan yang ramah gender.

    “Saya selalu berimajinasi, kalau lihat kadesnya perempuan pasti desanya lebih bersih dan lebih ramah. Karena kalau ramah terhadap perempuan, pasti ramah terhadap anak,” jelasnya.

    Ia meyakini kalau desa yang dipimpin perempuan pasti mampu memberikan cinta bagi desa dan warganya seperti ia mencintai anak-anaknya.

    “Jadi cinta itu alami, tapi kebencian itu diajarkan. Karena itu saya harapkan ini, terus terang kunjungan ke desa Bengle ini sekaligus saya juga ingin menggelorakan kepemimpinan perempuan di desa-desa seluruh Indonesia,” ucapnya.

    Menurut data di Kemendes PDTT, dari 74.953 desa di seluruh Indonesia baru sekitar 6.500 desa yang kepala desanya dipimpin perempuan.

    “Jadi kurang dari 10 persen. Sama seperti di Karawang, dari 297 desa, baru 20 kepala desanya perempuan. Kalau bisa 30 persennya perempuan jadi kepala desa di Karawang,” tegasnya.

    Dalam penutup sambutannya, Wamendes PDTT, Budi Arie mengajak perempuan untuk terlibat menjadi kekuatan ekonomi desa, bukan hanya jadi kekuatan sosial masyarakat.

    “Selama ini kita selalu berpikir bahwa perempuan sebagai kekuatan sosial masyarakat. Menurut saya, saatnya sekarang perempuan harus menjadi kekuatan ekonomi,” Pungkasnya.

    Setelah memberikan sambutan, Wamendes PDTT Budi Arie kemudian berdialog dengan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pengelola Bank Sampah, Kelompok Wanita Tani (KWT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pengelola Dana Sosial Masyarakat (DASOMAS), UKM, Koperasi dan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Desa Bengle.

    Setelah dari kantor desa Bengle, Budi Arie kemudian meninjau Industri Produksi/Budidaya Maggot. Budidaya Maggot merupakan salah satu Best Practice Keterlibatan Perempuan di Desa Bengle. (Red)

    Belangganan Newsletter

    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    511,836
    Kasus Positif
    Updated on 26 November 2020 - 10:49 WIB 10:49 WIB

    Indeks Berita

    Rancangan PP BUMDes Turunan UU Ciptaker Sudah 100 Persen

    Lumajang, desapedia.id – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Jumat (13/11) lalu, Menteri Desa Pembangunan Daerah...

    Ini Perkembangan Penggunaan Dana Desa Per 10 November 2020

    Jakarta, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar dalam siaran persnya Rabu (11/11) di Jakarta, menjelaskan tentang...

    Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah:...

    Jakarta, desapedia.id – Ketua BPK  Agung Firmansyah Sampurna saat membacakan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan (IHPS) I Tahun 2020 serta penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Periode...

    Bakti Kominfo Ungkap Kendala Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga dalam Program...

    Jakarta, desapedia.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap berbagai kendala yang dihadapinya selama ini terkait koordinasi lintas...

    Kunjungi BUMDes Kuta di Lombok Tengah yang Kelola Homestay,...

    Praya, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meninjau Homestay yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Putri...

    Berita Terkait