Desapedia

Tak Ada Kendala, Dana Desa Tahap I di Pati Sudah Tersalurkan

Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Pati, Endang Susanti. (Dok)

Pati, desapedia.id – Pencairan Dana Desa tahap pertama tahun 2019  di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, berjalan lancar dan tidak mengalami kendala.

Hingga pekan ini, menurut Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Pati, Endang Susanti, Dana Desa tahap pertama tersebut sudah tersalurkan ke desa-desa di Kabupaten Pati.

“Alhamdulillah sampai dengan minggu ini sudah tersalurkan, tapi memang masih ada beberapa desa yang belum cair,” kata Endang kepada Desapedia.id, Kamis (30/5/2019).

Endang memang tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah desa yang hingga kini belum mencairkan Dana Desanya. Hanya saja dia memastikan bahwa tidak ada kendala dalam penyaluran Dana Desa tahap pertama tersebut. “Untuk kendala, saya rasa enggak ada kendala yang berarti,” tegasnya.

Di samping itu, lanjut Endang, untuk Surat Pertanggungjawaban (SPj) Dana Desa yang berkaitan dengan sistem keuangan desa (Siskeudes) juga berjalan baik.

“Walaupun untuk tahun 2019 ini banyak fitur-fitur tambahan yang disesuaikan dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) 2018, tapi tetap masih bisa dihandle (ditangani), itu juga dengan bantuan teman-teman Pendamping [Lokal Desa],” terangnya. (Red)

Redaksi Desapedia