Desapedia

RDP dengan Komite I DPD RI, KASN Ungkap Kelemahan dan Ancaman ASN

Wakil Ketua Komite I DPD RI, Dr. Abdul Kholik

Jakarta, desapedia.id – Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Senin (13/1) di Kompleks Parlemen, Jakarta.

RDP yang dihadiri oleh Ketua Komite I, Dr. Agustin Teras Narang ini, dipimpin oleh Wakil Ketua Komite I, Dr. Abdul Kholik.

Dihadapan pimpinan dan anggota Komite I DPD RI, Ketua KASN Agus Pramusinto mengungkapkan beberapa kelemahan dan ancaman terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN).

Agus menilai, meskipun sudah ada perubahan yang jauh lebih baik dalam pelaksanaan sistem merit di kalangan ASN yang ditandai dengan proses rekruitmen dan mutasi yang kini sangat ketat serta tidak ada lagi berdasarkan pada patronase melainkan pada kompetensi, tetap saja ada 5 kelemahan ASN dalam catatan KASN.

Pertama, ungkap Agus, kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) ASN yang masih rendah, kedua distribusi ASN saat ini belum mencerminkan kebutuhan pembangunan, ketiga komposisi usia ASN yang makin menua, keempat pejabat politik sebagai pejabat pembina kepegawaian, dan kelima banyaknya proporsi atau pelaksana pengadministrasian umum.

Agus menambahkan, dari aspek ancaman ASN yang terbesar adalah praktek jual beli jabatan birokrasi, intervensi politik terhadap birokrasi, dan tumbuhnya ideologi anti Pancasila dan intolerensi di lingkungan ASN.  (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.