35.1 C
Jakarta
Sabtu, 18 September 2021
BerandaDesaRDP dengan Komite I DPD RI, Apkasi Rekomendasikan Peningkatan...

RDP dengan Komite I DPD RI, Apkasi Rekomendasikan Peningkatan Ekonomi Perdesaan

Rekomendasi

Lainnya

    Jakarta, desapedia.id – Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada Selasa (29/10/19) di Kompleks Parlemen, Jakarta.

    Dalam RDP yang membahas permasalahan terkini dari pelaksanaan otonomi daerah serta dinamika hubungan pusat – daerah, Wakil Ketua Umum Apkasi yang juga Bupati Pasang Kayu, Sulawesi Barat, Agus Ambo Djiwa menyampaikan beberapa rekomendasi Apkasi, salah satunya terkait peningkatan ekonomi perdesaan.

    Agus menuturkan, kolaborasi Kementerian Desa PDTT dengan Pemerintah Kabupaten perlu lebih diintensifkan, terutama untuk mengukur program mana yang efektif dalam pengentasan kemiskinan.

    Apkasi juga merekomendasikan kepada Pemerintah agar membuat aturan pemanfaatan dana desa yang prioritasnya diubah dari pembangunan infrastruktur menjadi pemberdayaan ekonomi warga desa.

    Dihadapan pimpinan sidang yang juga Ketua Komite I DPD RI, Teras Narang, Apkasi akan mendorong anggotanya bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dibiayai oleh APBD untuk melakukan survei pemetaan data kemiskinan sampai ke satuan desa.

    “Sehingga data tersebut dapat digunakan untuk mengakselerasi program penurunan kemiskinan”, ungkap Agus.

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    4,185,144
    Kasus Positif
    Updated on 18 September 2021 - 14:19 WIB 14:19 WIB

    Indeks Berita

    Mendes PDTT Tegaskan Kerjasama Pertamina dan BUMDes Tanpa Pihak...

    Mojokerto, desapedia.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar didampingi Nyai Lilik Umi Nasriyah melaksanakan...

    Berita Terkait