Desapedia

Rangkaian Peringatan HKN ke-55, Puskesmas Setu I Gelar Tes IVA

Bekasi, desapedia.id – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 jatuh pada 12 November 2019 lalu. Untuk memperingati momen tersebut, beragam kegiatan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu setiap Puskesmas di Kabupaten Bekasi melaksanakan gebyar tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis. Tes IVA merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks.

Di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Setu I, kegiatan tes IVA tersebut dilakukan hari ini, Sabtu (30/11/2019), di gedung Puskesmas Setu I, Desa Lubangbuaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

“Semua Puskesmas melaksanakan gebyar tes IVA, hanya saja waktunya berbeda-beda,” terang Kepala Puskesmas Setu I, dokter Yuke Rishna Arryani, di sela-sela kegiatan.

Untuk Puskesmas Setu I sendiri, kegiatan tes IVA diikuti sekitar 20 orang pegawai Puskesmas dan 50 ibu-ibu kader Posyandu.

Yuke menjelaskan bahwa kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap kali menyerang wanita. Meski termasuk ganas, gejala awal kanker yang berkembang di leher rahim ini tidak dapat terlihat.

“Kanker yang silent (diam), tidak ada keluhan apa-apa. Tapi, kalau sudah parah, baru terlihat gejalanya, baru ketahuan. Karena itu dengan deteksi tes IVA ini, Insya Allah akan terlihat,” ujarnya.

Dia berharap agar masyarakat semakin peduli dalam pencegahan penyakit kanker serviks. “Mungkin ke depannya ada kegiatan tes IVA lagi, dan kami akan mengundang lebih banyak warga lainnya,” tutup Yuke.

Sebagai informasi, wilayah kerja Puskesmas Setu I meliputi lima desa. Diantaranya Desa Cibening, Ciledug, Lubang Buaya, Cijengkol, serta Burangkeng. (Nur Pulo)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.