Desapedia

Rakor KPPN Cilacap: Masih Ada 19 Desa yang Belum Cairkan Dana Desa Tahap II

Rakor Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap.(www.djpbn.kemenkeu.go.id)

Cilacap, desapedia.id – Untuk meningkatkan sinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Semester II Tahun 2019, di Aula KPPN Cilacap, baru-baru ini.

Rapat Koordinasi dengan tema “Bersama Mewujudkan Masyarakat Sejahtera, Adil dan Makmur di Kabupaten Cilacap” diikuti oleh Inspektorat, BPPKAD, Dispermades Kabupaten Cilacap, dan tiga belas Dinas dan Instansi penerima DAK Fisik TA 2019.

Kepala KPPN Joko Supriyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam kelancaran penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa. “Mengingat penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, khususnya DAK Fisik Tahap II 2019 sudah mendekati batas akhir, melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang ada sehingga penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa bisa dilaksanakan secara tepat waktu dan tepat sasaran,” ungkap Joko seperti dilansir dari Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Kepala Seksi Bank, Lilik Basuki, menyampaikan evaluasi terkait penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di Kabupaten Cilacap.  “KPPN Cilacap telah menyalurkan DAK Fisik Tahap I dan Sekaligus sebesar Rp120.068.556.000 atau 25% dari pagu, dan Dana Desa Tahap I dan Tahap II sebesar Rp171,867,056,000 atau 59,73% dari pagu.

Selanjutnya, Dhian Budhi dari Dispermades Kabupaten Cilacap memaparkan progress kesiapan dan permasalahan dalam penyaluran Dana Desa Tahap III. Dia menjelaskan bahwa penyaluran Dana Desa Tahap I dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) sudah 100% sedangkan untuk Dana Desa Tahap II masih ada 19 desa yang belum tersalur.

“Permasalahan yang dihadapi diantaranya kondisi di desa yang sulit dijangkau, desa mengalami kesulitan dalam menghadapi perubahan regulasi setiap tahunnya, dan lamanya proses koreksi yang dilakukan oleh desa,” terangnya.

Terkait penyaluran DAK Fisik Tahap I, BPPKAD Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Kepala Bidang Perbendaharaan, Kabul, menyampaikan bahwa DAK Fisik Tahap I telah disalurkan melalui Bendahara Umum Daerah.

Selain itu, perwakilan dari masing-masing dinas/instansi penerima DAK Fisik Tahun 2019 yaitu Dinas P&K, Dinas Arsip & Perpustakaan, Dinas Kesehatan, RSUD Cilacap, Dinas KBPPA, Disperkimta, Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas PUPR, Dinas PSDA, Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, menyampaikan progres dan kendala yang dihadapi dalam penggunaan DAK Fisik Tahun 2019.

Sugiarto, mewakili Inspektorat Kabupaten Cilacap juga menyampaikan progress pelaksanaan reviu Laporan Konsolidasi Penyerapan Dana dan Capaian Output yang sedang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Cilacap dan poin-poin penting yang harus diperhatikan oleh Dinas terkait pelaksanaan reviu selanjutnya.

Rapat koordinasi ditutup oleh Kepala KPPN dengan harapan semua pihak dapat memanfaatkan waktu yang ada dan meningkatkan sinergi antara dinas-dinas penerima DAK Fisik, BPPKAD dan Inspektorat Kabupaten Cilacap untuk kelancaran penyaluran DAK Fisik Tahap II dan Dispermades Kabupaten Cilacap untuk penyaluran Dana Desa Tahap III. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.