Desapedia

Puskesmas Setu I Aktif Jalankan Program Kunjungan Rumah

Puskesmas
Petugas Puskesmas Setu I melakukan kunjungan ke rumah pasien (desapedia.id)

Puskesmas Setu I yang terletak di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi aktif melakukan program kunjungan rumah. Menurut Daris, bagian promosi kesehatan Puskesmas I Setu, program tersebut telah lama berjalan dan dilakukan secara berkesinambungan.

“Jika ada pasien yang tidak aktif yang mungkin karena kesibukan keluarganya, maka petugas Puskesmas akan datang ke rumah mereka. Ini dilakukan karena pasien masih dalam tahap penyembuhan,” terang Daris kepada desapedia.id, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, biasanya pasien yang didatangi petugas Puskesmas memiliki penyakit yang menular, misalnya penyakit tuberkulosis (TB) paru. Selain itu ada juga untuk pasien yang terserang kusta, diare, ataupun demam berdarah dengue (DBD).

“Pasien TB paru itu harus minum obat selama 6 bulan. Di awal memang mereka berobat ke Puskesmas. Tapi mungkin setelah merasa enakan pada bulan kedua, pasien tidak datang lagi ke Puskesmas. Maka kami akan datangi ke rumahnya, sekalian kami antarkan obatnya,” kata Daris.

Saat ini, sambung Daris, pasien TB paru yang ada di wilayah kerja Puskesmas I berjumlah 12 pasien. Sebagai informasi, wilayah kerja Puskesmas Setu I meliputi lima desa. Diantaranya, Desa Lubang Baya, Cijengkol, Cibening, Ciledug, serta Burangkeng. (Nur J)

Redaksi Desapedia