28.5 C
Jakarta
Sabtu, 11 Juli 2020
Beranda Desa Prukades Direspon Positif Warga Desa dan Transmigran di Bolmong...

Prukades Direspon Positif Warga Desa dan Transmigran di Bolmong Raya

Rekomendasi

Lainnya

    Dana Desa Tetap Ada, Tahun 2021 Dianggarkan Rp 72 Triliun  

    Jakarta, desapedia.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjawab keraguan berbagai pihak perihal masa depan...

    Satgas Dana Desa Tegaskan Dana Desa Bukan Milik Kades, tapi Milik Masyarakat

    Jakarta, desapedia.id - Pemerintah desa sejak tahun 2015 lalu telah mengelola anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja...

    Akhmad Muqowam Sesalkan UU No. 2/2020 Mencabut Dana Desa

    Jakarta, desapedia.id – Pada pasal 28 angka 8 UU Nomor 2/2020 berbunyi: Pada saat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ini...

    Manado, desapedia.id – Berdasarkan evaluasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), sejumlah tanah yang awalnya diberikan kepada para transmigran akan habis jika diwariskan tapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Untuk itulah Kemendes PDTT mengembangkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

    Dalam mendukung program transmigrasi, pemerintah melalui Kemendes PDTT telah memiliki program pengembangan Prukades. Dalam program Prukades ini, pemerintah berkolaborasi dengan sejumlah pemerintah daerah, kementerian terkait, perbankan, dan swasta.

    Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo pernah menyampaikan bahwa pembangunan transmigrasi saat ini diarahkan untuk berbasis kawasan. Hal ini merupakan salah satu skema pembangunan pusat pertumbuhan yang tidak hanya berbasis spasial dan komoditas unggulan, tapi juga secara bersamaan memberdayakan masyarakat di kawasan tersebut agar mampu menjadi pelaku ekonomi yang mumpuni, dan penikmat manfaat dari hasil pembangunan itu.

    Menurutnya, pogram Prukades ini diyakini dapat menyejahterakan para transmigran dan masyarakat sekitarnya. Tercatat pada tahun ini, total investasi melalui pola kemitraan dengan pengembangan Prukades di kawasan transmigrasi telah mencapai Rp 15,97 triliun.

    Menanggapi pernyataan Mendes PDTT tersebut, akademisi yang juga Wakil Rektor I Institut Agama Islam Kotamobagu, Dr. Muliadi Mokodompit, SE, M.Kessos, menyatakan mendukung program Prukades dari Kemendes PDTT ini.

    Menurutnya, ekonomi Bolaang Mongondow Raya (BMR), Provinsi Sulawesi Utara secara umum meningkat tajam pasca kehadiran transmigran dari Jawa dan Bali masuk BMR antara tahun 1963 dan 1975.

    Karena itu, lanjut Muliadi, Prukades diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan ekonomi bukan saja para transmigran, tetapi juga bagi masyarakat desa di BMR.

    “Gairah ekonomi lokal di BMR sudah terlihat sejak ada Dana Desa. Prukades direspon positif warga desa dan transmigran di Bolmong Raya,” ujarnya kepada desapedia.id, belum lama ini.

    Muliadi menambahkan, hal tersebut artinya Dana Desa sangatlah bermanfaat bagi masyarakat BMR. “Banyak pembangunan bisa dilaksanakan dan dirasakan desa sesuai kebutuhan desa. Secara ekonomi desa tumbuh secara signifikan di BMR,” ucapnya.

    Selain untuk memperkuat Prukades di BMR, Muliadi berharap agar penggunaan Dana Desa 2019 di BMR juga diarahkan pada pembangunan mental spritual warga desa. Misalnya, membantu pendanaan warga dalam bidang pendidikan tinggi untuk aparat desa dan masyarakat kurang mampu.

    “Pembangunan fisik mungkin sudah cukup, sehingga Dana Desa digunakan untuk menjadikan masyarakat yang jiwa raganya makmur dalam keadilan dan kemakmuran,”‘ ungkapnya. (Red)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    72,347
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Hingga 7 Juli, 97 Persen BLT Dana Desa Telah...

    Jakarta, desapedia.id – Dana Desa yang telah tersalurkan ke desa hingga 7 Juli 2020 sebanyak 74.865 yang setara 99...

    FAO Beri Peringatan Ancaman Krisis Pangan, Kementerian Desa PDTT...

    Jakarta, desapedia.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberi perhatian yang cukup besar di sektor ketahanan pangan. Hal ini demi...

    Pengaturan Dana Desa di UU Nomor 2 Tahun 2020...

    Jakarta, desapedia.id – Anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN sebagaimana diatur dalam pasal 72 UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa semestinya...

    PSHK: Terjadi Degradasi Perencanaan Legislasi Atas Nama Evaluasi

    Jakarta, desapedia.id – Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) merilis siaran pers pada Jumat (3/7) terkait perubahan program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun...

    UU Nomor 2 tahun 2020 Menghilangkan Kewenangan Lokal Berskala...

    Jakarta, desapedia.id – Mantan Wakil Ketua DPD RI yang juga pernah menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI untuk pembentukan UU Nomor 6 tahun 2104...

    Berita Terkait