Desapedia

Politisi Gerindra Nilai Dana Desa Tidak Kurangi Angka Kemiskinan dan Ketimpangan

Program Padat Karya Masyarakat Desa
Ilustrasi (Ist)

Jakarta, desapedia.id – Kebijakan Dana Desa dalam empat tahun terakhir ini tidak berimbas banyak terhadap pengurangan angka kemiskinan dan ketimpangan di desa. Malah ironisnya, angka penurunan kemiskinan justru lebih signifikan sebelum masa bergulirnya Dana Desa.

Sebelum ada kebijakan dana desa sebagai mandat UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, pemerintah ketika itu mampu menurunkan jumlah penduduk miskin di perdesaan rata-rata sebesar 3,1 persen per tahun.

Setelah ada dana desa, penurunan jumlah penduduk miskin di perdesaan dalam empat tahun terakhir ternyata hanya sebesar 2,7 persen saja per tahun.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI, Fadli Zon saat hadir sebagai Pembicara dalam diskusi yang membahas tentang catatan akhir tahun bidang ekonomi 2019 dengan tema ‘Hadapi Resesi, Pemerintah Perlu Tinjau Ulang Prioritas Pembangunan’ pada Jumat (27/12) lalu.

Menut Fadli Zon, kegagalan Dana Desa menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan desa disebabkan karena seluruh sumber daya, termasuk Dana Desa itu sendiri dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, bukan membangun sektor produksi yang berhubungan langsung dengan daya beli masyarakat.

”Dari pengelolaan Dana Desa kita melihat potret nyata kegagalan Pemerintah dalam menentukan prioritas pembangunan”, tegasnya. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.