Desapedia

Pilkades Cibening, Bekasi: “Pilihan Boleh Beda, Silaturahmi Harus Terjaga”

Bakal Calon Kades Cibening, Marno K Saputra menyerahkan syarat administrasi pendaftaran -desapedia.id

Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sudah mulai berjalan. Proses pendaftaran bakal calon untuk menjadi calon kepala desa sudah dibuka sejak 29 Juni – 04 Juli 2018. Nantinya, sebanyak 154 Desa di Kabupaten Bekasi akan menghelat Pilkades secara serentak pada tanggal 26 Agustus mendatang.

Di Desa Cibening, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, geliat Pilkades mulai terlihat. Rabu (4/7 /2018), ratusan warga Cibening berbondong-bondong datang ke Kantor Desa Cibening. Pagi itu, mereka mengantar Marno K Saputra melakukan pendaftaran sebagai bakal calon Kepala Desa Cibening.

Marno K Saputra bersama para pendukungnya itu disambut hangat oleh Panitia Pilkades Cibening dan Aparatur Pemerintah Desa Cibening. Pelaksana tugas (Plt) Kades Cibening, Widodo dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilkades Cibening. “Yuk kita sukseskan Pilkades di Cibening. Saya berharap Pilkades ini berjalan aman, damai, tenteram, dan kondusif,” katanya.

Menurut Widodo, berbeda pilihan dalam pendapat adalah suatu hal yang wajar. Tapi, masyarakat Desa Cibening menginginkan situasi yang kondusif.

Ketua Panitia Pilkades Cibening, Arso Suharso (kedua dari kiri), Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibening, M. Surya (ketiga dari kiri), Pelaksana tugas (Plt) Kades Cibening, Widodo (ke-empat dari kiri)- desapedia.id

Di sisi lain, dia bilang, masih banyak warga yang belum mengurus administrasi kependudukan. “Jumlah suara di Cibening masih belum pasti, sekitar 6500-6800 suara. Sebab, masih ada warga baru di perumahan yang belum bikin KTP Cibening,” terangnya.

Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk dapat ikut berpartisipasi dalam ajang Pilkades mendatang. “Masyarakat yang belum membuat KTP elektronik atau surat keterangan, masih ada kesempatan untuk mengurusnya,” ujar Widodo.

Sementara itu, Marno K Saputra, bakal calon Kepala Desa Cibening, mengungkapkan komitmennya untuk menjaga suasana kondusif di Desa Cibening. “Pilihan boleh saja berbeda, tapi silaturahmi harus tetap terjaga,” ujar Marno.

Adapun perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibening, M. Surya, meminta agar panitia Pilkades Cibening menjaga netralitasnya dalam menghadapi Pilkades mendatang. “Untuk Pilkades tidak ada lembaga pengawas. Jadi saya minta ketua panitia dan anggotanya menjunjung tinggi netralitasnya,” harap Surya.

Selain itu, dia meminta anggota BPD Cibening periode 2018-2024, agar mengawasi tahapan demi tahapan Pilkades hingga berjalan lancar, tenteram, aman dan kondusif. “Karena siapapun yg terpilih sebagai kepala desa, maka BPD adalah mitra kerja di pemerintahan Desa Cibening,” ucap Surya.

Menjawab harapan Surya, Arso Suharso, Ketua Panitia Pilkades Cibening berjanji akan menjaga netralitas kepanitiaan Pilkades Cibening. “Secara kepanitian akan menjunjung netralitas, dan itu komitmen kami sebagai panitia. Sejak awal dibentuk, kami sebagai penengah, tidak akan berat sebelah,” tegas Arso.

Dia juga memastikan, ada dua kandidat yang dipastikan maju dalam Pilkades Cibening. Pertama, petahana Kades Cibening, Suryadi Efendy. Dan kedua, Marno K Saputra sebagai pesaingnya. (Nur Pulo)

Redaksi Desapedia