33.5 C
Jakarta
Kamis, 29 Juli 2021
Beranda Daerah Perum Graha Cipta Tamansari Wakili Kecamatan Setu di Ajang...

Perum Graha Cipta Tamansari Wakili Kecamatan Setu di Ajang Lomba Kampung Tangguh Jaya

Rekomendasi

Lainnya

    Gubernur NTB: SDGs Desa Sangat Luar Biasa

    Mataram, desapedia.id – Dalam sosialisasi Permendesa No.13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021 dan Konsultasi Publik RPP...

    Saiful Rahmat Dasuki, Tokoh Muda NU yang Akrab dengan Milenial Terpilih Jadi Ketua PPP DKI Jakarta

    Jakarta, desapedia.id – Melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi DKI Jakarta yang digelar pada akhir Mei...

    150 Warga Desa Cijengkol Jalani Vaksinasi Covid-19 di Gerai Vaksin Presisi Polsek Setu

    Bekasi, desapedia.id - Dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi, Polsek Setu menggelar vaksinasi secara massal melalui Gerai Vaksin Presisi,...

    Bekasi, desapedia.id – Perumahan Graha Cipta Tamansari RW 09 yang terletak di Desa Tamansari mewakili Kecamatan Setu dalam ajang lomba program Kampung Tangguh Jaya tingkat Kabupaten Bekasi.

    Dalam rangkaian perlombaan tersebut, Selasa (2/1/2020), tim penilai yang terdiri dari perwakilan Polres Metro Bekasi, Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, dan Pemerintah Kabupaten Bekasi mengunjungi Perumahan Graha Cipta Tamansari RW 09 untuk melakukan penilaian.

    Dalam kesempatan itu, tim penilai melakukan pengecekan pos check point, pos siskamling, kolam pembibitan ikan lele dan kebun sayuran, galeri UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), lumbung pangan, rumah isolasi sementara, dan lainnya.

    Camat Setu, Joko Dwijatmoko, mengatakan, Perum Graha Cipta Tamansari menjadi satu dari sembilan Kampung Tangguh Jaya yang ada di wilayah Kecamatan Setu. “Kami memilih Perum Graha Cipta Tamansari untuk mewakili Kecamatan Setu karena warganya sangat kompak dan peduli terhadap sesama, dan itu saya apresiasi,” ujarnya.

    Meski terhitung sebagai perumahan baru, lanjut Joko, tapi perumahan ini mampu menjadi pemukiman yang mandiri dan cukup efektif dalam menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

    “Dalam waktu dua tahun mereka sudah bisa mandiri, dan kalau terus dibina akan menjadi lebih baik,” kata Joko. “Kekurangannya pasti ada, bila dibandingkan dengan perumahan lama, di sini belum punya fasos fasum (fasilitas sosial dan fasilitas umum). Tapi, untuk keamanan, kebersihan dan kesejahteraannya dalam hal ini lumbung pangannya boleh diadu,” sambungnya.

    Kekompakan warga Perumahan Graha Cipta Tamansari RW 09 juga diamini Kepala Desa Tamansari Jahi Hidayat. “Mereka sangat kompak dalam menanggulangi wabah Covid-19, dan itu menjadi nilai tambah,” ujar Jahi.

    Selain itu, Jahi juga mengatakan perumahan ini menjadi Kampung Tangguh Jaya yang berbasis teknologi informasi (IT). “Mereka menggunakan aplikasi lokal yang digunakan untuk mengupdate kesehatan warga secara online. Jadi, ketika ada warga yang terindikasi gejala Covid-19 bisa langsung terdeteksi. Ini sangat efektif dibandingkan door to door dalam penanganan Covid-19,” jelas Jahi.

    Sekretaris Desa Tamansari Nurhasan menambahkan, Perum Graha Cipta Tamansari diyakini bukan hanya sebagai kampung yang tangguh dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 semata. Tapi, kampung ini dapat diandalkan dalam penanganan pasien Covid-19 dan dampak lain yang ditimbulkan wabah Corona.

    “Di awal penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), warga di sini sudah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, solidaritas sesama warga akan bahaya Covid-19 juga sangat aktif,” ujarnya.

    Sementara itu, Edi selaku Ketua RW 09 Perum Graha Cipta Tamansari menjelaskan bahwa perumahannya dihuni sekitar 247 kepala keluarga dengan total 830 jiwa.

    Dia menambahkan, meski Perum Graha Cipta Tamansari merupakan perumahan bersubsidi, tapi desainnya seperti perumahan cluster. “Keamanannya sangat terjamin karena hanya ada satu pintu untuk masuk dan keluar perumahan. Bisa dibilang perumahan ini merupakan rumah subsidi rasa cluster,” ucapnya. (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    3,287,727
    Kasus Positif
    Updated on 29 July 2021 - 14:34 WIB 14:34 WIB

    Indeks Berita

    Kapolsek Benda Bantu Pedagang Kecil Saat Operasi Yustisi PPKM

    Tangerang, desapedia.id - Kegiatan penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat melalui operasi Yustisi yang melibatkan 3 pilar adalah...

    Polsek Setu Vaksinasi 150 Warga Desa Lubangbuaya

    Bekasi, desapedia.id - Polsek Setu menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di Gerai Vaksin Presisi yang didirikan di halaman kantor Polsek Setu, Desa Cijengkol, Kecamatan...

    150 Warga Desa Cijengkol Jalani Vaksinasi Covid-19 di...

    Bekasi, desapedia.id - Dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi, Polsek Setu menggelar vaksinasi secara massal melalui Gerai Vaksin Presisi, yang berlangsung di Kantor Polsek...

    Kapolsek Benda Tegas Intervensi Pelaksanaan Prokes, Kasus Aktif Covid-19...

    Tangerang, desapedia.id - Bersama dengan jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Benda, Kompol Wahid Key, S Sos, MH, tanpa kenal lelah siang dan malam melakukan upaya...

    Peringati HUT Bhayangkara, Polsek Benda Gelar Santunan Anak Yatim

    Tangerang, desapedia.id - Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-75 Bhayangkara, Polsek Benda menggelar acara santunan kepada anak yatim. Acara Santunan ini digelar di...

    Berita Terkait