Desapedia

Perkembangan BID Menggembirakan, Dirjen Taufik Madjid: Desa Teruji Responsif Terhadap Inovasi

Dirjen PPMD, Kemendes PDTT, Taufik Madjid. (Ist)

 

Jakarta, desapedia.id – Dalam tiga tahun terakhir ini, Bursa Inovasi Desa (BID) yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) terus mengalami perkembangan yang menggembirakan.

Dikutip dari makalah paparan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa PDTT, Dr. Taufik Madjid, BID bertujuan untuk mewujudkan terjadinya komitmen inovasi oleh desa–desa, tumbuhnya ide dan gagasan inovasi desa, terjadinya pertukaran pengetahuan dan praktek inovasi antar desa, berkembangkan kegiatan penangkapan inovasi desa, dan terjadinya peningkatan kapasitas masyarakat dan perangkat desa.

Taufik menjelaskan, perkembangan inovasi desa pada kurun 2017–2018 ini, inovasi desa meningkat hampir dua kali lipat, sedangkan replikasinya meningkat lebih dari 11 kali lipat.

“Desa teruji responsif terhadap inovasi”, ujar Taufik.

Taufik memaparkan, pada tahun 2017–2018 jumlah inovasi yang diajukan desa mencapai 44.073 inovasi, pada kurun waktu yang sama sebanyak 75.953 inovasi desa direplikasi.

Inovasi–inovasi desa mudah direplikasi dengan menghubungi nomor kontak yang disediakan dalam situs http://pid.ppmd.kemendesa.go.id. Dalam situs tersebut telah tersedia capturing inovasi desa dalam bentuk narasi dan video.  (Red)

 

Redaksi Desapedia