Desapedia

Penyaluran Dana Desa Seret, Mendagri: Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan Segera Membantu, Jangan Mempersulit

Jakarta, desapedia.id – Dalam konferensi pers di kantor pusat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan hingga awal bulan Maret pihaknya mendapatkan data baru 40 persen, dari 40 persen termin pertama yang diterima atau ditransfer Kementerian Keuangan ke desa-desa. Artinya masih ada 60 persen dari 40 persen tahap pertama belum ditransfer.

Alih–alih menggenjot perekonomian desa agar mempunyai daya tahan ditengah wabah virus Corona, penyaluran Dana Desa yang bersumber dari APBN malah tidak berjalan optimal. Karena itu Mendagri meminta pemerintah tingkat Kecamatan dan Kabupaten untuk membantu desa dan tidak mempersulit.

Dalam konferensi pers itu, Mendagri juga mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menkeu dan juga sesuai perintah Presiden Joko Widodo agar secepat mungkin perangkat desa mengajukan dan menyelesaikan syarat-syarat tersebut dan pemerintah tingkat Kecamatan serta Kabupaten segera membantu dan jangan dipersulit.

Senada dengan Mendagri, Ketua Asosasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Jawa Barat, Warson Mawardie juga menyesalkan lambannya dan tidak optimalnya penyaluran Dana Desa termasuk di Provinsi Jawa Barat.

“Waktu pertemuan di Sentul diawal bulan Maret ini Pak Menteri Desa mengungkapkan dari 5.312 desa yang tersebar di Jawa Barat, hanya 40 desa yang mendapatkan dana desa untuk tahap pertama. Ini sangat memprihatinkan. Untuk urusan dana desa, menurut kami Pemprov dan Pemkab se Jawa Barat tidak jelas koordinasi dan komunikasinya. Sudah saatnya Pemkab dan Kecamatan harus membantu seraya memfasilitasi pemerintahan desa dalam memenuhi persyaratan salah satunya APBDes ”, tegas Warson.

Menurut Warson, bukan hanya Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan yang harus membantu percepatan penyaluran Dana Desa, Pemerintah Provinsi juga harus turun tangan.

“Untuk Provinsi Jawa Barat, sesuai himbauan Mendagri, kami meminta Pak Ridwan Kamil untuk segera turun tangan membantu percepatan penyaluran dana desa tahap pertama. Sebagai wakil pemerintah pusat di Jawa Barat, segera Pak Gubernur koordinasi dengan Pemkab se Jawa Barat agar dana desa bisa tersalurkan sehingga rakyat desa akan siap dengan kondisi terburuk disaat wabah Corona sedang menjangkit di Jawa Barat ini”, tegasnya. (Red)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.