29.5 C
Jakarta
Minggu, 13 September 2020
Beranda Desa Pelayanan di Desa Ini Sudah Pakai Aplikasi Online Lho!

Pelayanan di Desa Ini Sudah Pakai Aplikasi Online Lho!

Rekomendasi

Lainnya

    Komite I DPD RI Meminta Kemendes PDTT Sederhanakan Regulasi

    Jakarta, desapedia.id – Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Rapat Kerja (Raker) secara virtual dengan...

    Rawan Politik Uang, Pencegahan Korupsi Harus Dimulai dari Pilkades

    Palangkaraya, desapedia.id – Program keuangan desa menjadi yang terbaik diantara 6 rencana aksi strategis nasional pencegahan korupsi. Bukan hanya itu...

    Ini Penjelasan Kemendes PDTT Soal Gerakan Setengah Miliar Masker Desa

    Jakarta, desapedia.id – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah merilis Surat Menteri Desa Pembangunan Daerah...

    Era digitalisasi telah merambah ke wilayah pedesaan. Karena itu, pemerintah desa pun harus kreatif agar tak ketinggalan jaman.

    Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, mungkin bisa jadi contoh. Desa ini, pada Februari 2018 lalu, telah meluncurkan layanan online melalui Aplikasi [email protected] Duda Timur’ yang bisa di download di Play Store.

    Kepala Desa Duda Timur, I Gede Pawana, mengatakan, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat Desa Duda Timur. Contohnya untuk mengurus surat, pelaporan kejadian dan data kependudukan.

    Aplikasi online ini juga mampu memetakan tingkat kesejahteraan warganya. Jika diklik fitur data warga, maka akan muncul tiga klasifikasi warna, yakni warna merah, ungu dan warna hijau.

    Warna merah menandakan warga tersebut dalam kondisi perekonomian kurang mampu. Warna ungu sebagai tanda warga dengan kodisi perekonomian sedang dan warna hijau untuk klasifikasi warga yang perekonomiannya mapan.

    Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dalam pengurusan keperluan administrasi desa.

    Bahkan mereka juga dapat melakukan pengaduan mengenai keluhan-keluhan, dan laporan peristiwa yang terjadi.

    Nantinya keluhan itu akan teruskan kepada dinas terkait.

    “Misalnya adanya ganguan listrik, maka keluhan itu akan disampaikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN),” terang Pawana.

    Singkatnya, Pawana mengatakan, aplikasi berbasis online akan memudahkan pelayanan terhadap warganya.

    “Sudah menjadi kewajiban pemerintah desa untuk memberikan kemudahan pelayanan dalam derasnya gelombang arus digital,” tutup Pawana.

    (Bli)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    210,940
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Dihadapan Komisi II DPR RI, Kemendagri Ungkap Puluhan Ribu...

    Jakarta, desapedia.id – Dalam Rapat Kerja Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan Kementerian Dalam Negeri...

    Pemdes Terlalu Sibuk dengan Laporan, Pendamping Desa: Karena Terlalu...

    Purbalingga, desapedia.id – Terlalu banyaknya regulasi telah membuat Pemerintah Desa (Pemdes) menjadi sibuk dengan penyusunan berbagai laporan kegiatan dan program. Sehingga kondisi ini berdampak...

    Transparansi Pemdes dan Partisipasi Warga Desa Menjadi Tolak Ukur

    Jakarta, desapedia.id – Pada medio Agustus 2020 lalu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar pernah menuturkan di desapedia.id...

    Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi: Kualitas Petani di Desa...

    Jakarta, desapedia.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi mengakui, kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa masih...

    Sosialisasi Cegah Corona, Pemdes Cijengkol Woro-woro Jelajahi Perkampungan

    Bekasi, desapedia.id - Pemerintah Desa Cijengkol bersama stakeholder terkait melaksanakan woro-woro (imbauan) atau sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) dengan berkeliling menggunakan mobil yang...

    Berita Terkait