Desapedia

Parade Nusantara dan APDESI Jabar Nilai Kades Tersangkut Korupsi Karena Minimnya Pemahaman Hukum

Ketua DPD Apdesi Jawa Barat,,Warson Mawardie (desapedia.id)

Cianjur, desapedia.id – Ketua Parade Nusantara Provinsi Jawa Barat, Jaya Wijaya Buntuan mengatakan besarnya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diterima oleh setiap pemerintahan desa sangat rawan dikorupsi atau disalahgunakan lantaran banyak Kepala Desa (Kades) yang masih sangat minim wawasan dan pemahamannya tentang aturan hukum.

Menurutnya, tindak pidana korupsi yang menjerat banyak Kades selama ini tidak semata – mata mengambil uang untuk kepentingan pribadi saja, melainkan salah dalam penyusunan pelaporan dan salah kebijakan hingga akhirnya menjadi permasalahan hukum.

“Di Jawa Barat rata – rata kepala desa yang terjerat kasus hukum mereka sebenarnya sudah masuk temuan Inspektorat Daerah”, ujar Jaya yang juga Kepala Desa Palasari ini.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Jawa Barat, Warson Mawardie.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten dan Aparat Penegak Hukum (APH) harus lebih gencar lagi dalam memberikan pemahaman teknis hukum kepada Kades dan Perangkat Desa terutama di Jawa Barat.

“Ada potensi permasalahan hukum yang dialami oleh Kades dan perangkatnya di Jabar akan meningkat. Sebaiknya Pemkab dan APH segera bergerak memberikan pembinaan”, tegas Warson yang kini juga tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Sumedang.  (Red)

 

 

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.