Desapedia

Papdesi Sulut Minta Jafar Alkatiri Perjuangkan Perubahan Mekanisme Penyaluran Dana Desa

Kotamobagu, desapedia.id – Sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Utara, terpilihnya Jafar Alkatiri sebagai Wakil Ketua Komite I DPD RI disambut suka cita oleh Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Sulawesi Utara.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Papdesi Sulawesi Utara, Badriyah Mokoginta mengatakan, para kepala desa dan perangkat desa se Provinsi Sulawesi Utara yang tergabung di Papdesi Sulawesi Utara sangat berharap Jafar Alkatiri dapat memperjuangkan perubahan mekanisme penyaluran dana desa untuk tahun anggaran 2020.

Badriyah menambahkan, mekanisme tahapan penyaluran dana desa tahun 2019 ini sebanyak tiga kali telah menyulitkan perangkat desa dalam penggunaan, penyerapan dan pelaporan dana desa.

Badriyah mendesak Jafar Alkatiri dan Komite I DPD RI memperjuangkan perubahan mekanisme penyaluran tahapan dana desa tahun 2020 agar penyalurannya dikembalikan menjadi dua tahapan seperti pada beberapa tahun yang lalu.

“Pak Jafar dan jajarannya sebaiknya segera memanggil Menkeu dan Mendes untuk mendesak agar tahapan penyaluran dana desa tahun depan cukup 2 kali saja. Kalau 2 kali, ini sangat memudahkan kami dalam penggunaan, penyerapan dan pelaporan, seperti tahun – tahun yang dulu”, tegasnya.

Seperti diketahui, penyaluran dana desa tahun 2019 ini dilakukan melalui 3 tahap, yaitu tahap 1 sebesar 20 persen pada bulan Maret, tahap 2 sebesar 40 persen pada bulan Juli dan tahap 3 sebesar 40 persen pada bulan Agustus. (Red)

Redaksi Desapedia