Desapedia

PAPDESI Dorong Bulog Lakukan Operasi Pasar

Pertemuan PAPDESI dengan Bulog (dok)

Jakarta, desapedia.id – Desakan Presiden Jokowi yang meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) meningkatkan volume operasi pasar guna menekan harga beras yang kembali melambung dalam beberapa waktu terakhir ini, direpson dengan baik oleh Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI).

Hal tersebut diawali ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengutus Ketua Umum PAPDESI, Hj. Wargiyati dan jajarannya di DPP PAPDESI untuk bertemu dengan Deputi Pengadaan Bulog Mayjen (Purn) Bachtiar sekitar November 2018 lalu.

“Waktu itu kami dari DPP PAPDESI meminta Bulog untuk melaksanakan program operasi pasar di Pulau Jawa agar merata di pasar-pasar tradisional dan desa-desa,” ungkap Wargiyati yang juga Kepala Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang ini kepada desapedia.id, Kamis (03/01/2018).

Wargiyati menambahkan sesungguhnya upaya PAPDESI untuk terus mendorong Bulog melakukan operasi pasar diawali ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur Utama Bulog, Budi Waseso yang dihadiri oleh kurang lebih 600 orang pengurus PAPDESI, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADes) se-Provinsi Jawa Tengah, 22 November 2018 lalu.

Dia juga bilang, Bulog Divre Jateng juga telah berkomitmen mengadakan operasi pasar sampai pada pasar-pasar desa.

“Pengurus PAPDESI diberbagai tingkat kecamatan di Jateng rutin berkomunikasi dengan saya. Mereka mengabarkan perkembangan realisasi Bulog terkait ketersediaan pasokan dan stabiliisasi harga (KPSH). Teman-teman PAPDESI Jateng juga sudah beberapa kali rapat teknis di kantor Bulog Jateng untuk menindaklanjuti pertemuan kami DPP PAPDESI dengan Dirut Bulog Pak Buwas di kantor Bulog di Jakarta sebelumnya,” terangnya.

Di samping itu, Wargiyati menegaskan setelah Jateng sudah mulai berjalan seeperti saat ini, PAPDESI akan mengkondisikan hal yang sama di Jatim dan Yogyakarta. Tentunya, lanjut Wargiyati, pihaknya akan mengawali komunikasi dan kerjasama terlebih dahulu dengan Pemprov masing-masing.

“Dalam waktu dekat nanti saya akan ke Jabar dan Banten juga. Ketua DPD PAPDESI Jabar sudah saya hubungi dan siap menindaklanjuti,” ujarnya mantap. (Red)

Redaksi Desapedia