Desapedia

Panwascam Setu Latih Saksi dari Parpol Peserta Pemilu

Ketua Panwascam Setu, Mela Mustofa memberikan materi dalam pelatihan saksi dari parpol peserta Pemilu 2019. (desapedia.id)

Bekasi, desapedia.id – Sebelum bertugas di Pemilu 2019, para saksi dari partai politik diikutsertakan dalam pelatihan yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di setiap kecamatan dengan pematerinya adalah anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panswaslu) tingkat kecamatan.

Satu contoh, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Setu telah melakukan pelatihan saksi dari parpol selama dua hari, 8-9 April 2019, di di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ketua Panwascam Setu, Mela Mustofa, mengatakan, pelatihan para saksi dari parpol tersebut merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Pelatihan bagi saksi parpol ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para saksi mengenai aturan, mekanisme pemungutan dan penghitungan suara. Jadi tugas mereka nantinya dapat selaras dengan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” kata Mela kepada Desapedia.id, baru-baru ini.

Pelatihan tersebut, lanjut Mela, diikuti sejumlah saksi dari 7 parpol. Diantaranya, Partai Gerinda, Golkar, PKB, PAN, Perindo, PPP, dan PKS. “Hanya 7 parpol yang mendaftar untuk pelatihan para saksinya,” ucap Mela.

Dia berharap, setelah mendapatkan pelatihan, para saksi akan memiliki kemampuan, pemahaman, mindset (pola pikir), persepsi yang sama tentang pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setelah mereka memliki pemahaman dan persepsi yang sama, maka akan terselenggara penyelenggaraan Pemilu yang kondusif, aman dan tertib di tingkat nasional, dan khususnya di tingkat Kecamatan Setu,” pungkas Mela. (Nur Pulo)

Redaksi Desapedia