26.9 C
Jakarta
Jumat, 15 Oktober 2021
BerandaDesaMusrenbangdes Lubangbuaya 2019: Ajang Dialog untuk Kepentingan Masyarakat Desa

Musrenbangdes Lubangbuaya 2019: Ajang Dialog untuk Kepentingan Masyarakat Desa

Rekomendasi

Lainnya

    Bekasi, desapedia.id – Desa Lubangbuaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan desa (Musrenbangdes) untuk Tahun Anggaran 2020, di Aula Kantor Desa Lubangbuaya, Kamis (10/01/2019).

    Kegiatan Musrenbangdes itu dihadiri aparatur Pemerintahan Desa Lubangbuaya, mulai dari kepala desa, staf desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kepala dusun, RW, hingga RT.

    Selain itu, hadir juga perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, perwakilan Pemerintah Kecamatan Setu, kepala sekolah yang ada di wilayah Desa Lubangbuaya, karang taruna, tokoh masyarakat, dan lainnya.

    Helmi, Perwakilan Bappeda Kabupaten Bekasi, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbangdes merupakan wadah kesepakatan antara pihak pemerintahan desa, masyarakat, dan swasta.

    “Ini (Musrenbangdes) sebagai ajang berdialog, sehingga ada kesepakatan bersama, bukan sebagian atau sekelompok. Jadi tidak ada kepentingan golongan, yang ada kepentingan masyarakat desa. Karena itu hilangkan sifat ego, dan kepentingan golongan,” tutur Helmi.

    Adapun, Erni, Kepala Seksi Pemberdayaan Mayarakat dan Desa, Kecamatan Setu, menjelaskan, usulan hasil Musrenbangdes tahun 2018 di Desa Lubangbuaya yang disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi sekitar 9 program pembangunan infrastruktur. “Nilainya mencapai Rp2,4 miliar dan akan direalisasikan pada tahun ini,” terangnya.

    Untuk Musrenbangdes tahun 2019, Erni berpesan, “Usulan yang diajukan jangan hanya infrastruktur fisik saja, tapi program pemberdayaan masyarakat juga ikut diusulkan.”

    Sementara itu, Kepala Desa Lubangbuaya Maulana Yusup atau akrab disapa Bang Yosep, mengatakan, ada sekitar tiga ratus lebih total usulan yang berasal dari musyawarah dusun (Musdus).

    “Kami sudah melaksanakan Musdus dan Musdes (musyawarah desa). Semua usulan kami tampung, dan akan kita musyawarahkan,” papar Bang Yosep.

    Dia menambahkan, program pembangunan yang diusulkan masyarakat terdiri dari pembangunan infrastruktur fisik dan pemberdayaan masyarakat.

    “Nanti kami akan pilah-pilih lagi usulannya biar mengerucut sesuai skala prioritas. Kami berharap usulan masyarakat Desa Lubangbuaya yang nantinya disetujui oleh Pemda (Pemerintah Kabupaten Bekasi) bisa meningkat dari hasil Musrenbangdes tahun 2018 lalu,” ujar Bang Yosep. (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    4,232,099
    Kasus Positif
    Updated on 15 October 2021 - 02:12 WIB 02:12 WIB

    Indeks Berita

    Desa Semakin Melek Digital, 1.852 BUMDes Rambah E-Commerce Selama...

    Jakarta, desapedia.id – Sebanyak 1.852 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merambah ke e-commerce, menyusul menurunnya aktivitas pasar konvensional selama...

    Berita Terkait