33.4 C
Jakarta
Jumat, 15 Mei 2020
Beranda Desa Musrenbang Desa Cikarageman: Masyarakat Diminta Usulkan Pembangunan Fisik dan...

Musrenbang Desa Cikarageman: Masyarakat Diminta Usulkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Rekomendasi

Lainnya

    Di Tengah Pandemi, Bumdesma di Buton Utara Ekspor Kopra Putih ke China

    Jakarta, desapedia.id – Di tengah kesulitan kargo yang tertunda berkali-kali, Buton Utara, Sulawesi Tenggara, mengekspor kopra putih pada Minggu...

    Korupsi Dana Desa oleh Kades Semakin Masif

    Jakarta, desapedia.id - Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 telah mengamanatkan Dana Desa dianggarkan sebesar 10 persen dari Anggaran Pendapatan...

    Ini Loh Rincian Dana Desa Menurut Kabupaten dan Kota Tahun 2020

    Jakarta, desapedia.id - Pemerintah pusat telah mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp72 triliun pada tahun 2020. Dana Desa tersebut akan...

    Bekasi, desapedia.id – Masyarakat desa berhak mengusulkan beragam usulan pembangunan di wilayahnya melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

    Di Desa Cikarageman, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Acara (Musrenbangdes) itu digelar di Aula Kantor Desa Cikarageman, Selasa (15/01/2019).

    Kegiatan Musrenbangdes untuk Tahun Anggaran 2020 ini, dihadiri aparatur Pemerintahan Desa Cikarageman, mulai dari kepala desa, staf desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kepala dusun, RW, hingga RT.

    Selain itu, hadir juga perwakilan Pemerintah Kecamatan Setu, kepala sekolah yang ada di wilayah Desa Cikarageman, karang taruna, tokoh masyarakat, dan lainnya.


    Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang), Kecamatan Setu, Arief Subagyo, dalam sambutannya memaparkan, masyarakat boleh mengusulkan sebanyak-banyaknya usulan pembangunan untuk kemajuan desa. “Usulkan sebanyak-banyaknya, baik fisik maupun non fisik,” kata Arief.

    Sebab, lanjutnya, pembangunan itu meliputi dua hal. “Ada fisik dan non fisik,” terangnya. Untuk pembangunan fisik, misalnya pembangunan jalan, jembatan, saluran air, dan lainnya. Sedangkan pembangunan bidang non fisik, misalnya kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

    Dengan demikian, Arief berharap agar masyarakat tidak sekedar mengusulkan pembangunan fisik semata. Tapi, masyarakat juga diminta untuk tidak mengabaikan usulan pembangunan non fisik.

    Dia juga mengatakan, saat ini, di Kecamatan Setu telah terbentuk Forum Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). “Forum ini menjadi ajang diskusi, baik dari sisi permodalan, pengolahan, maupun pemasarannya. Jadi, kalau ada pelaku UMKM yang ingin ikut bergabung, silahkan mendaftar,” paparnya.

    Dari kacamata Arief, sektor UMKM sangat penting untuk menyejahterakan masyarakat desa. Apalagi, pembangunan di Kecamatan Setu semakin berkembang pesat. “Setu juga nantinya akan dilintasi dua jalan tol,” ujarnya. Karena itu, pesannya, sektor UMKM harus terus digarap dan dapat berkembang maju.

    Sementara itu, Kades Cikarageman, kepada desapedia.id, menjelaskan, usulan hasil Musrenbangdes tahun 2018 di Desa Cikarageman yang disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi sekitar 19 program pembangunan infrastruktur. “Nilainya mencapai Rp7,2 miliar dan akan direalisasikan pada tahun ini,” terangnya.

    Sedangkan untuk Musrembangdes tahun 2019, lanjut Markun, ada 200 usulan pembangunan yang berasal dari Musdus. “Mudah-mudahan nantinya yang disetujui oleh Pemda (Pemerintah Kabupaten Bekasi) bisa mencapai 40 persen dari semua total usulan,” harap Markun.

    Sebagai informasi, masyarakat dapat mengusulkan beragam usulan pembangunan dalam Musyawarah Dusun (Musdus). Lalu, usulan itu akan kembali dibahas dalam Musyawarah Desa (Musdes), dan dilanjutkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan desa (Musrenbangdes). Selanjutnya, usulan itu kembali dimatangkan dalam Musrenbang tingkat kecamatan, hingga tingkat kabupaten. Dan kemudian, jika usulan itu disetujui, maka kegiatan pembangunannya menggunakan anggaran APBD. (Nur Pulo)

    Belangganan Newsletter

    - Advertisement -Kontak Untuk Beriklan Di Desapedia
    Desa Siaga Corona Covid-19

    Covid-19

    Indonesia
    16,006
    Kasus Positif

    Indeks Berita

    Pandemi Corona, Kades Bone Lemo Ajak Pelajar dan Mahasiswa...

    Luwu, Desapedia.id- Menyusul pandemi COVID-19 yang semakin meluas, Kepala Desa Bonelemo, Kecamatan Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, Baso, SH membuat...

    Wamendes Budi Arie: Terlalu Beresiko Membiarkan Desa Menerima Arus...

    Jakarta, desapedia.id - Wabah Covid 19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, sebentar lagi akan memasuki fase yang krusial khususnya saat Hari Raya Lebaran...

    Ada Desa di Pati yang Sudah Lockdown, Desa Di...

    Jakarta, desapedia.id – Semakin mewabahnya Covid–19 membuat publik terus saja mendesak pemerintah untuk melakukan lockdown demi untuk memutus rantai sebaran virus tersebut. Lockdown itu sendiri...

    Masyarakat Desa Dihimbau Doakan Ibunda Jokowi

    Jakarta, desapedia.id - Indonesia sedang berduka. Pasalnya Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) Soedjiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020) di Solo, Jawa Tengah Pukul...

    Pemerintah Desa Bojongkulur Pastikan Pelayanan Publik Tetap Jalan

    Bogor, desapedia.id – Laju penularan dan penyebaran virus corona yang dikenal dengan sebutan Covid–19 kian masif saja. Bahkan sudah sampai ke desa–desa. himbauan untuk...

    Berita Terkait