Desapedia

Maulid Nabi di Masjid Jamie Al-Muhajirin: Momentum untuk Meneladani Akhlak Rasulullah

Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di Masjid Jamie Al-Muhajirin. (Dok)

Bekasi, desapedia.id – Suasana di Kampung Buwek Jaya, Rawa Pisang, Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (1/12/2019) malam berubah menjadi ramai oleh hiruk pikuk masyarakat.

Terlihat dari mulai anak-anak, remaja, dan orang tua berduyun-duyun menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di Masjid Jamie Al-Muhajirin, sebuah masjid kebanggaan masyarakat Kampung Buwek Jaya.

Nampak terlihat raut wajah mereka begitu sangat senang dan antusias dalam menghadiri acara Maulid Nabi Muhamad SAW tersebut. Kegiatan ini menghadirkan penceramah KH Tohir Nawawi Al-Bantani dari Kampung Ceger, dan dihadiri oleh perangkat Desa Tridayasakti, Ikatan Remaja Masjid Jamie Al Muhajirin (IRMAJA), ibu-ibu Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT), para pemuda anggota Karang Taruna RW 02, para sesepuh, serta masyarakat setempat.

Perlu di ketahui Masjid Jamie Al-Muhajirin dibangun sejak tahun 1958 silam. Adapun sumber dana pembangunan serta perombakan masjid ini didapat dari sejumlah pihak, baik itu dari masyarakat setempat maupun para donatur lainnya. Dan sebagai penggerak pencari dananya yaitu ibu-ibu BKMT yang diketuai Maryati. Mereka tanpa kenal lelah mencari sumbangan di jalan untuk membiayai pembangunan Masjid Jamie Al Muhajirin.

Tak hanya itu, peran aktif IRMAJA juga patut diapresiasi. Di pimpin Irman, IRMAJA setiap pekan berkeliling mengumpulkan sumbangan dari warga setempat.

“Masjid Jamie Al Muhajirin adalah hasil dari masyarakat dan untuk masyarakat. Maka selayaknya harus kita perihara, kita rawat dan kita jaga kelestarian, keindahan serta kita ramaikan Masjid Jamie Al Muhajirin yang merupakan rumah Allah tempat kita beribadah, bersujud syukur kepada Sang Kholik,” kata Ustadz Mesin, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jamie Al Muhajirin saat memberi sambutan.

Tujuan diadakannya acara Maulid Nabi Muhamad SAW, lanjut Ustadz Mesin, yaitu untuk lebih mengenal serta napak tilas perjalanan dan pembelajaran bagi masyarakat tentang seorang Nabi yang mempunyai akhlakul karimah, dan juga suri tauladan bagi umat Islam.
“Tentunya agar kita bisa lebih mencintai Baginda Nabi Besar Muhamad SAW,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Semoga dengan diadakannya Maulid Nabi ini dapat menambah kerundukan kita kepada Allah SWT dan terus menjalin tali silahturahmi antar sesama warga, saling tolong menolong, bahu membahu demi terciptanya kedamaian, kerukunan dan kehamonisan antar sesama warga di Kampung Buwek Jaya, Rawa Pisang.”

Dalam kegiatan ini, ibu-ibu yang tergabung dalam BKMT begitu semangat dalam memberikan sajian berupa makanan dan minuman serta buah-buahan kepada masyarakat yang menghadiri acara. Di momen ini sangat terlihat rasa kekeluargaan yang begitu kental sesama warga.

Sementara itu, kesuksesan kegiatan Maulid Nabi ini tak terlepas dari peran aktif IRMAJA dan karang taruna setempat. “Saya bersama rekan-rekan IRMAJA dan juga dibantu Karang Taruna RW 02, telah mempersiapkan sedemikian rupa segala macam peralatan, diantaranya pemasangan tenda, kursi, karpet, dan lainnya. Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik diantara rekan-rekan, akhirnya rampung juga hingga pelaksanaan acara Maulid Nabi dapat berjalan dengan apa yang semestinya kita inginkan bersama,” kata Irman, Ketua IRMAJA.

Sedangkan untuk biaya kegiatan Maulid Nabi ini, Ronay selaku Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Jamie Al-Muhajirin dan Ridwan Bendahara IRMAJA, menjelaskan, “Dana yang kita dapati diperoleh dari para donatur, dan sumbangsih masyarakat. Selain berkeliling meminta sumbangan ke warga, sumber dana kegiatan juga diperoleh dari DKM, Ibu-ibu BKMT serta Karang Taruna RW 02.” (Dodo)

Redaksi Desapedia

Tambahkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.